Pawai Alegoris dan karnaval pendidikan di Payakumbuh diikuti ribuan peserta

id Pawai Alegoris payakumbuh,Berita Payakumbuh,karnaval pendidikan di Payakumbuh,HUT RI 77

Pawai Alegoris dan karnaval pendidikan di Payakumbuh diikuti ribuan peserta

Salah satu peserta dari SMA Negeri 3 Kota Payakumbuh saat mengikuti Pawai Alegoris dan karnaval pendidikan di Kota Payakumbuh. Antara/Dokumentasi Pribadi

Payakumbuh (ANTARA) - Pawai Alegoris dan karnaval pendidikan di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat berlangsung meriah dan diikuti ribuan peserta dari semua tingkatan sekolah yang ada di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril di Payakumbuh, Kamis, mengatakan terdapat 150 kontingen dari tingkatan sekolah dasar, sekolah menengah pertama sederajat, sekolah menengah atas sederajat, dan sekolah luar biasa.

"Alhamdulillah pelaksanaan pawai dan karnaval pendidikan berjalan luar biasa dan meriah, kalau satu sekolah saja ada 150 peserta berarti kurang lebih ada 20.000 peserta yang mengikuti pawai alegoris dan karnaval kreasi," kata dia.

Bahkan, menurutnya pesertanya juga termasuk banyak jika dibandingkan dengan pelaksanaan sebelum pandemi COVID-19 karena hampir semua sekolah mengikuti pelaksanaan pawai alegoris dan karnaval pendidikan.

"Mulai dari SD dan SMP, madrasah yang di bawah Kemenag dan SMA sederajat yang di bawah naungan provinsi melebur menjadi satu untuk menunjukkan kreativitas masing-masing," ujarnya.

Sementara terkait pemilihan yang terbaik, awalnya panitia HUT RI ke-77 Kota Payakumbuh tidak menyediakan hadiah. Namun terdapat banyak pihak yang mendukung dan menyediakan hadiah.

"Salah satunya itu pak Dandim yang mendukung ini dan mau menyediakan hadiah dan juri eksternal. Terimakasih kepada Dandim 0306/50 Kota yang mendukung kegiatan ini," ujarnya.

Salah seorang warga Payakumbuh Wati mengatakan bahwa kegiatan pawai memang menjadi salah satu yang ditunggu oleh masyarakat setiap tahunnya.

"Sudah dua tahun tidak ada, sekarang ada lagi. Biasanya setiap tahun saya selalu menonton pawai seperti ini," katanya.

Sebelumnya itu Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) Kota Payakumbuh Aizur Hedi mengatakan insan pendidikan sudah rindu beraktifitas di luar sekolah dan melalui iven ini kembali diberi kesempatan untuk menunjukkan kreatifitas anak didik.

"Kami merasa bersyukur dan terimakasih kepada Pemko Payakumbuh, sudah 2 tahun tak ada kegiatan pawai dalam HUT RI. Alhamdulillah, kita sudah sepakat dengan Pemda dan jajaran dinas, dengan melibatkan AKSI pada kegiatan pawai pada 18 Agustus 2022," ujarnya.

Pria yang merupakan Kepala SMKN 4 Payakumbuh itu mengatakan iven ini mendapat respon baik dari seluruh sekolah bahkan AKSI ikut menjadi jembatan penghubung dari seluruh kepala sekolah, karena SMA, SMK, dan SLB berada di bawah naungan provinsi.

"Kami siap menyukseskan iven HUT RI di kota Payakumbuh. Kegiatan pawai yang sebagai hiburan, juga sebagai pemicu kebangkitan ekonomi UMKM," katanya.