285 kelompok meriahkan pawai alegoris di Agam

id pawai alegoris di Agam,Berita agam,Berita sumbar

285 kelompok meriahkan pawai alegoris di Agam

Penampilan marchin bend dari salah satu peserta pawai alegoris. (Antara/Yusrizal)

Lubukbasung (ANTARA) - Sekitar ribuan peserta dari 285 kelompok memeriahkan pawai alegoris yang diadakan Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dalam rangka memeriahkan HUT ke -77 Republik Indonesia, Kamis (18/8).

Rombongan pawai tersebut dilepas Bupati Agam Andri Warman, didampingi Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri dari panggung kehormatan di depan Rumah Dinas Bupati Agam, Lubukbasung, Kamis.

Penangung jawab pawai alegoris, Handria Asmi di Lubukbasung, mengatakan para peserta menampilkan berbagai atraksi, mulai dari seni, budaya, dan kendaraan hias dan lainnya.

"Saya merasa puas karena antusias peserta sangat tinggi dengan menampilkan potensi daerah," katanya yang juga Kepala Dinas Perhubungan Agam.

Ia mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat lebih menggali kreativitasnya dalam menciptakan produk unggulan masing-masing, karena kesuksesan pembangunan berawal dari peran aktif masyarakat.

"Ribuan warga juga antusias untuk menyaksikan agenda tahunan yang sempat tidak diadakan selama dua tahun akibat COVID-19," katanya.

Sementara Bupati Agam, Andri Warman mengatakan pawai alegoris ini diharapkan dapat menambah semangat perjuangan dan rela berkorban setiap warga, dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan pembangunan.

"Momen ini dapat menambah semangat perjuangan dan rela berkorban setiap warga," katanya.

Ia menambahkan, penampilan kesenian, budaya dan pariwisata, diharapkan dapat menjadikan sarana promosi kepariwisataan yang dapat mendorong berkembangnya ekonomi kreatif di Agam.

Selama pelaksanaan pawai, juga bermunculan pedagang di sepanjang rute yang dilalui peserta.