Capaian rendah, Pemkab Padang Pariaman minta perantau sosialisasikan vaksinasi di kampung halaman

id Padang Pariaman,Sumbar

Capaian rendah, Pemkab Padang Pariaman minta perantau sosialisasikan vaksinasi di kampung halaman

Bupati Padang Pariaman, Sumbar Suhatri Bur menyampaikan sambutan saat menerima kunjungan Persatuan Keluarga Daerah Padang Pariaman (PKDP) Seluruh Indonesia di rumah dinasnya pada Jumat (21/1). (ANTARA/HO-Prokopim Padang Pariaman)

Parit Malintang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman, Sumatera Barat meminta perantau asal daerah itu untuk menyosialisasikan pentingnya vaksinasi COVID-19 bagi keluarga yang berada di kampung halaman karena realisasinya hingga saat ini masih rendah dibanding daerah lainnya.

"Capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Padang Pariaman berada pada angka 50-an persen," kata Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur di Parik Malintang, Minggu.

Permintaan tersebut juga telah disampaikan langsung oleh Suhatri Bur saat menerima kunjungan Persatuan Keluarga Daerah Padang Pariaman (PKDP) Seluruh Indonesia di rumah dinasnya pada Jumat (21/1).

Ia mengatakan angka capaian vaksinasi tersebut masih jauh dari target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat yakni minimal 70 persen sehingga dapat berakibat pada pemotongan dana alokasi umum yang diterima daerah itu.

Padahal daerah tersebut membutuhkan dana dari pemerintah pusat untuk menjalankan program serta visi dan misi guna mempercepat pembangunan dan menyejahterakan masyarakat di daerah itu.

"Semua itu tidak akan bisa terwujud tanpa dukungan dari dunsanak di rantau yang bernaung dibawah PKDP," katanya.

Namun terlepas dari itu vaksinasi merupakan upaya untuk menciptakan kekebalan kelompok guna mengakhiri pandemi COVID-19 yang tidak saja berdampak pada kesehatan dan sosial namun juga ekonomi.

Sebelumnya, realisasi vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) hingga Selasa (4/1) mencapai lebih dari 167.000 orang atau baru 49,01 persen dari target sasaran yang ditetapkan.

"Vaksinasi di Padang Pariaman memang masih rendah, peringkat dua terakhir di Sumbar, tapi kami tidak akan patah arang untuk sosialisasi dan melaksanakan vaksinasi," kata Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang saat Gebyar Vaksin di Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau.

Ia mengatakan pihaknya saat ini terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak mulai dari TNI, Polri, BUMD, pemerintah nagari dan korong, serta tokoh agama dan adat agar realisasi vaksinasi di Padang Pariaman dapat terus meningkat.

Ia menyampaikan pihak-pihak tersebut ikut menyosialisasikan kepada warga sehingga warga memahami pentingnya vaksinasi COVID-19 untuk melawan virus yang sekarang masih mewabah.

Teks foto