Fitriati resmi menjabat PJ Sekda Padang, ini profilnya

id Sekda kota padang,Berita padang,Berita sumbar

Fitriati resmi menjabat PJ Sekda Padang, ini profilnya

Wali Kota Padang Hendri Septa (kiri) melantik PJ Sekda Padang Fitriati (kanan) di Padang, Rabu (Antara/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) - Kepala Biro Organisasi Pemprov Sumatera Barat Fitriati resmi menjabat sebagai Penjabat Sekda Kota Padang setelah resmi dilantik oleh Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Rabu.

“Saya atas nama pribadi dan Pemko Padang mengucapkan selamat kepada Ibuk Fitriati yang akan bertugas sebagai Pj Sekda Kota Padang," kata Wali Kota Padang Hendri Septa usai pelantikan

Pada kesempatan itu ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pejabat lama Arfian yang sudah menjalankan tugas dengan baik sejak 1 Oktober 2021 hingga pelantikan Pj Sekda yang baru.

Fitriati ditunjuk Gubernur Sumbar Mahyeldi sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang menggantikan Arfian.

Hal tersebut tertuang di dalam Surat Keputusan Gubernur Sumbar nomor 821/0119/BKD-2022 tentang Penunjukan PJ Sekda Kota Padang tanggal 12 Januari 2022.

Hendri menyampaikan ditetapkannya Fitriati sebagai PJ Sekda Padang berdasarkan mekanisme dan peraturan yang berlaku.

Berdasarkan Peraturan Presiden RI No 3 Tahun 2018 tentang Pj Sekda, pada Pasal 5 ayat 2 menegaskan bahwa Bupati/Wali Kota mengangkat Pj Sekda kabupaten/kota untuk melaksanakan tugas Sekda setelah mendapat persetujuan dari Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

Kemudian Pasal 3 menegaskan masa jabatan Pj Sekda sebagaimana dimaksud ayat 2 paling lama 6 bulan, yang dalam halnya Sekda tidak dapat melaksanakan tugas dan paling lama 3 bulan dalam hal terjadinya kekosongan Sekda.

Wako berharap, Pj Sekda dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai Sekda semaksimal mungkin.

Diharapkan juga dapat membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis, unit pelaksana lainnya. Serta juga dapat menjadi motor penggerak organisasi pemerintah daerah.

Penunjukan Pj Sekda Padang ini mengisi kekosongan jabatan Sekda Padang, karena setelah jangka waktu tiga bulan jabatan Pj Sekda, belum ada Sekda definitif sehingga akhirnya Gubernur Sumbar menunjuk Pj Sekda baru.

Sebelum menjadi Pj Sekda Kota Padang, Fitriati lama berkarir di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar mulai dari Kabid Jabatan dan Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) BKD Sumbar .

Kemudian menjadi Sekretaris BKD, bahkan pernah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKD Sumbar.

Di era kepemimpinan Gubernur Mahyeldi, karir nya melonjak pada Oktober 2021 ia dilantik sebagai Kabiro Organisasi.

Baru tiga bulan menjabat Kabiro Organisasi,

Fitriati mengemban amanah sebagai Pj Sekda Kota Padang.