Bupati dan Wabup Solok Selatan ikut taklukan trek Trabas Jelajah Saribu Rumah Gadang 3

id trabas,solok selatan, Adventure Trail Club,khairunas

Bupati dan Wabup Solok Selatan ikut taklukan trek Trabas Jelajah Saribu Rumah Gadang 3

Bupati Solok Selatan, Khairunas, didampingi Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi, mengikuti Trabas Jelajah Saribu Rumah Gadang 3, Minggu (16/1) (ANTARA/Joko Nugroho)

Padang Aro (ANTARA) - Ratusan pebalap, termasuk Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, meramaikan Trabas Jelajah Saribu Rumah Gadang 3 yang diselenggarakan Adventure Trail Club (ATC) Muara Labuh, Solok Selatan, dalam memeriahkan peringatan hari ulang tahun daerah itu yang ke-18.

Ketua penyelenggara Ronal Syahjohan di Sungai Pagu, Minggu, mengatakan Trabas Jelajah Alam Saribu Rumah Gadang 3 dengan lokasi start Taman Kota Muara Labuh lalu menyusuri jalan pasar baru, melintasi jalan baru menuju perbukitan sungai abai dan akan finis kembali di Taman Kota Muara Labuh.

Trabas merupakan istilah menjelajah alam dengan motor trail. Selain menyalurkan hobi, kegiatan trabas ini juga menjadi sarana olahraga ekstrem karena melintasi jalan yang tidak biasa, jalan setapak, pendakian, jalur sungai dan perbukitan.

Ronal menyebutkan pelaksanaan trabas ini diikuti bukan saja peserta dari Solok Selatan, tapi juga luar daerah.

Dalam kesempatan itu, ia mengajak masyarakat untuk vaksinasi COVID-19 gratis dengan mendatangi puskesmas terdekat.

Sementara itu, Bupati Solok Selatan Khairunas yang secara langsung melepas ratusan pebalap itu mengatakan kabupaten yang berbatasan dengan Kerinci, Jambi itu, dikelilingi perbukitan dengan trek yang menantang untuk ditaklukan para pebalap.

Selain itu, juga masih memiliki alam yang asri sehingga tepat di Solok Selatan menjadi lokasi ajang trabas.

Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan agar para pebalap mengutamakan keselamatan.

Bupati dan Wakil Bupati juga ikut ambil bagian menjadi peserta trabas. Juga terlihat sebagian peserta adalah Kepala OPD seperti Kalaksa BPBD, Inspektur dan pejabat daerah lainnya.

Ajang tersebut menyediakan doorprize dua sepeda motor dan perlengkapan elektronik yang disediakan untuk para peserta.