Pemkab Tanah Datar siapkan 70 agenda pariwisata sepanjang 2022

id Tanah Datar,Sumbar,Padang, berita sumbar

Pemkab Tanah Datar siapkan 70 agenda pariwisata sepanjang 2022

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Tanah Datar Efrison. (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar Sumatera Barat menyiapkan 70 agenda pariwisata yang tergabung ke dalam "Calender of Event" 2022 di kabupaten itu.

"Direncanakan calender of event 2022 Tanah Datar itu secara resmi akan diluncurkan pada akhir bulan ini," kata Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Tanah Datar Efrison di Batusangkar Sabtu.

Ia mengatakan "calendar of event 2022" Tanah Datar nantinya akan dilaksanakan di 14 nagari di daerah itu dan diharapkan bisa menjadi motivasi bagi pelaku pariwisata di nagari lain dalam mengembangkan destinasi unggulan.

Mengembangkan destinasi unggulan di setiap nagari juga salah satu program unggulan Tanah Datar di bawah kepemimpinan Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian.

"Calendar of event 2022 ini sebagai bentuk motivasi dan dukungan dalam menyukseskan program unggulan Tanah Datar yakni, satu nagari satu event. Oleh karena itu event ini akan dilaksanakan di 14 nagari di Tanah Datar," katanya.

Ia mengatakan saat ini Kabupaten Tanah Datar sudah memiliki 190 destinasi wisata yang tersebar di 14 kecamatan, potensi itu terus dimaksimalkan hingga bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Destinasi wisata itu harus dimaksimalkan sehingga mampu memberi banyak dampak terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," katanya.

Ia mengatakan "Calender of Event" tersebut direncanakan akan dilaksanakan dimulai Februari hingga Desember 2022 diawali oleh kegiatan pacu jawi dan diakhiri Festival Pesona Minangkabau.

"Untuk konsep sementara calendar of event 2022 diawali event pacu jawi dan diakhiri event Festival Pesona Minangkabau 1 sapai 4 Desember 2022," katanya.

Ia menghimbau meski kondisi pandemi COVID-19 sudah berangsur menurun dan angka capaan vaksinasi mmeningkat dalam pelaksanaan event tetap terus mematuhi protokol kesehatan.

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan dalam meningkatkan sumber saya pariwisata Pemerintah Tanah Datar tandatangani nota kesepakatan kerjasama terkait dengan percepatan pengembangan destinasi wisata bersama Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung.