PLN kucurkan dana 150 juta untuk pembangunan jalan Nagari Bukit Bual

id PLN, TJSL

PLN kucurkan dana 150 juta untuk pembangunan jalan Nagari Bukit Bual

PLN UIW Sumbar melalui UP3 Solok menyalurkan bantuan untuk pembangunan jalan di sekitar lokasi objek wisata Puncak Caniang Kampung KB Pelangi.  (ANTARA/HO-PLN)

Sijunjung (ANTARA) - PLN melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berkomitmen untuk berperan dalam pembangunan berkelanjutan, kali ini dalam bentuk pengucuran bantuan sebesar Rp150 juta untuk pembangunan jalan Nagari Bukit Bual, Kabupaten Sijunjung.

Untuk itu PLN selalu berupaya agar bantuan-bantuan yang diturunkan melalui TJSL bermanfaat untuk pertumbuhan ekonomi, sosial lingkungan, hukum, serta tata kelola pada lokasi atau pada masyarakat penerima bantuan dalam jangka panjang, seperti dirilis yang diterima, Kamis.

Komitmen tersebut terlihat pada 16 November 2021 lalu, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat menyerahkan dana bantuan pembangunan jalan di Nagari Bukit Bual Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung. Tepatnya jalan di sekitar lokasi objek wisata Puncak Caniang Kampung KB Pelangi.

Bertempat di Kantor Wali Nagari Bukit Bual, bantuan sebesar Rp150 Juta diberikan secara simbolis oleh Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok Sigit Hari Wibowo kepada Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Puncak Caning Roma Indra dan disaksikan oleh Wali Nagari Bukit Bual Otriwandi dan anggota kelompok Pokwardis.

Roma Indra menuturkan, bantuan dari PLN sangat dinanti untuk kenyamanan bertransportasi menuju lokasi objek wisata Puncak Caniang hingga di sekitar objek wisata.

‘’Puncak Caniang adalah objek wisata yang menarik, alamnya indah, ada perbukitan pertanian, ada air terjun sungai pandan, dan berpotensi dikembangkan untuk kawasan paralayang. Namun selama ini kami kekurangan dana untuk pembangunan jalan. Terima kasih PLN sudah membantu mewujudkan mimpi pengembangan daerah ini,’’ tutur Roma.

Ucapan terima kasih pun disampaikan oleh Wali Nagari Bukit Bual Otriwandi kepada PLN UIW Sumbar atas kepeduliannya membantu mengembangkan daerahnya.

"Insyallah dana ini akan dialokasikan untuk pengembangan wisata anak nagari yang harapannya dapat berdampak terhadap perekonomian masyarakat Nagari Bukit Bual dengan Pokwardis sebagai pengelolanya,"ujarnya.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok Sigit Hari Wibowo mewakili PLN berharap pembangunan jalan di sekitar objek wisata Puncak Caniang dapat segera teralisasi dan berdampak pada pengembangan objek wisata tersebut.

‘’Dengan jalan yang lebih nyaman, kunjungan ke objek wisata dapat meningkat, masyarakat sekitar dapat mengembangkan potensi-potensi wisata atau bisnis lainnya. Sehingga ada peluang peningkatan kesejahteraan masyarakat,’’ lanjut Sigit.

Menurut Sigit, ini sesuai dengan fokus PLN untuk berkontribusi terhadap pembangunan salah satunya dengan menyalurkan bantuan yang bermanfaat dan berkelanjutan bagi masyarakat.

‘’Semoga ini juga jadi fase yang membahagiakan untuk bangkit dari pasca pandemi yang sulit ini,” imbuhnya.*