Dinas Pariwisata Sumbar finalisasi Geopark Ranah Minang melalui FGD

id Dinas Pariwisata,Sumbar,Padang

Dinas Pariwisata Sumbar finalisasi Geopark Ranah Minang melalui FGD

Dinas Pariwisata Sumbar menggelar FGD terkait dossier atau draft Geopark Ranah Minang yang akan diajukan kepada Unesco (ANTARA/ Dispar Sumbar)

Jakarta (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat melakukan finalisasi draft dossier Geopark Ranah Minang menuju Unesco Global Geopark melalui Forum Grup Discussion (FGD).

Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Novrial mengatakan di Padang, Selasa FGD yang dilaksanakan ini merupakan FGD terakhir atau finasl sebelum dossier ini diajukan ke Unesco.

"Rencana akhir tahun ini akan diajukan ke Unesco," kata dia.

Dirinya berharap jangan sampai situs wisata geopark ini dimaknai sebagai objek yang biasa yang dilihat dimana-mana seperti objek biasa dengan pembukaan lahan, ada pembangunan dan lainnya, akan tetapi ini adalah konservasi.

"Geopark merupakan wilayah konservasi yang dinikmati secara alami sehingga pengunjung berani bayar mahal.Tidak hanya seperti wisatawan yang datang sehari atau beberapa jam, kemudian bayar puluhan ribu, bukan itu. Tapi pengunjung yang datang berani tinggal dalam waktu lama menikmati Geopark itu sendiri sehingga kita berpikir bukan kuantitas, tapi kualitas," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM. Dr Ediar Usman mengatakan setiap geopark harus memiliki ciri khas dan yang potensial yang diajukan ke Unesco adalah patahan Sumatera.

"Ini sudah melegenda, misal kita sudah memiliki Ngarai Sianok yang jadi pembeda dari yang lain. Ini objek nya sudah ada sehingga lebih mudah di bawa ke Unesco," katanya.

Sumbar merupakan daerah yang komplit dengan yang dimiliki, seperti danau, gunung, terus danau yang asin, namun letaknya di ketinggian. Maka ini adalah hal yang unik, apalagi ada asapnya.

"Jika kita angkat, maka para ahli akan datang dan masyarakat juga melihat ini adalah hal yang unik, sehingga ini jadi daya tarik. Objek lain seperti batuan, fosil, batu mulia, dan lainnya. Ini menggambarkan geosite yang ada di Sumbar umurnya sudah sangat tua dan harus dilestarsikan untuk generasi yang akan datang," kata dia.

Menurut dia salah satu daya pikat adalah akses menuju Geopark, namun dalam geoparkk harus alami, akses menujunya harus cepat sehingga wisawatan tidak lama di jalan, yang penting jangan mengubah landscape geopark. pembangunan terkendali, selektif, dan jika memancing pembangunan yang lain, mungkin harus dikaji lagi

Selain itu fasilitas lainnya yang mendukung tempat itu juga harus ramah lingkungan, sehingga tidak mengubah yang asli, bukan hanya geoside, tapi kehidupan yang alami masyarakat juga mendukung,yang alami jangan diubah. Makanan juga harus alami, jangan diubah dan bisa dimanfaatkan dengan baik, daun kelapa, pisang, buah-buahan sehingga ini yang harus diolah.

Dalam FGD itu dibedah dossier atau draft Geopark Ranah Minang yang akan di ajukan kepada Unesco. Dossier yang akan diajukan mengangkat tema "Living in Harmony with the Great Sumatran Fault". Secara filosofi, kawasan Geopark Ranah Minang termasuk dalam zona jajaran Bukit Barisan dan Zona Patahan Besar Sumatera (van Bemmelen).

Zona jajaran Bukit Barisan adalah perbukitan dan gunung api aktif yang memanjang dari selatan ke utara Pulau Sumatera, mulai dari Provinsi Lampung hingga Aceh. Patahan Sumatera memiliki lima segmen, yakni Suliti, Sumani, Sianok, Sumpur dan Baramun dan setiap segmen memiliki geosite keunikan dan keindahan tersendiri. Selain itu, kondisi geologis yang dihasilkan oleh patahan Semangko menghasilkan flora dan fauna yang unik sesuai dengan wilayah dimana mereka hidup.

Geopark Ranah Minang menuju Unesco Global Geopark ini telah disusun sejak 2017. Hingga saat ini, Dinas Pariwisata juga telah melakukan sosialisasi dari titik ketitik dengan masyarakat sekitar Geopark yang ada, masuk ke sekolah-sekolah sehingga dianggap perkuatan selanjutnya.

Forum Grup Discussion (FGD) tentang penyampaian draft dossier penyusunan Geopark Ranah Minang menuju Unesco Global Geopark. Kegiatan ini menghadirkan Kepala Dinas Pariwisata atau perwakilan sebelas kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan itu Ketua Harian dalam Bidang Teknik Sipil Geopark Ranah Minang, Dr. Ir. Febrin Anas Ismail, MT, Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM. Dr. Ediar Usman dan tim Biologi. FGD dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Novrial.