Pemkot minta warga tetap patuhi prokes, meski kini Bukittinggi nol COVID-19

id berita bukittinggi,berita sumbar,covid

Pemkot minta warga tetap patuhi prokes, meski kini Bukittinggi nol COVID-19

Wako Bukittinggi, Erman Safar. (Antarasumbar/Al Fatah)

Alhamdulillah, tidak ada penambahan kasus baru dari tiga kecamatan yang ada,
Bukittinggi (ANTARA) - Kota Bukittinggi mencatat tidak ada penambahan kasus baru warganya yang teridentifikasi COVID-19 sesuai data terkini di daerah setempat, namun pemerintah tetap meminta warga untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) agar keadaan itu terus bertahan.

"Alhamdulillah, tidak ada penambahan kasus baru dari tiga kecamatan yang ada, situasi ini yang kita harapkan agar Kota Bukittinggi sebagai kota wisata dan ekonomi perdagangan bisa kembali normal seluruh aktifitas warganya " kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar di Bukittinggi, Senin.

Ia mengatakan, keberhasilan nol kasus COVID-19 di Bukittinggi merupakan hasil usaha keras bersama seluruh pihak termasuk masyarakat yang patuh prokes.

"Kita tentunya tetap menyampaikan kepada warga untuk selalu mematuhi anjuran Prokes dengan dasar memakai masker dan menjaga jarak serta mencuci tangan, itu adalah usaha kita bersama," kata Erman.

Ia mengatakan, selain patuh prokes, angka kesembuhan dan capaian nol kasus COVID-19 juga karena tingginya keinginan warga Bukittinggi dan sekitarnya dalam mengikuti vaksinasi gratis yang digebyarkan di daerah itu.

"Juga berkat kesadaran tinggi masyarakat untuk melakukan vaksinasi hingga diharapkan pada akhir tahun ini bisa mencapai angka 100 persen," ujarnya.

Ia menjelaskan, Kota Bukittinggi tercatat memiliki angka 4.405 orang warganya yang teridentifikasi COVID-19 sejak virus ini pertama kali menjangkiti daerah tersebut.

"Sejak Maret 2020 awal pandemi terjadi hingga kini, ada 4.405 warga kita yang tercatat positif COVID-19, dengan 4.307 berhasil sembuh dan wafat sebanyak 97 orang," kata dia.

Ia menyebut, Swab PCR di Dinkes yang diselenggarakan sejauh ini sejak Maret 2020 hingga Februari 2021 tercatat sebanyak 8.496 sampel.

"Total Swab PCR Maret 2021 hingga September 2021 jumlah sampelnya 8.738 dengan angka terkonfirmasi positif 1.739 sampel.

Kota Bukittinggi merupakan daerah tujuan wisata di Sumatera Barat, Pemerintah Daerah setempat bersama Jajaran Kepolisian Polres Bukittinggi dan TNI aktif melakukan program vaksinasi massal di daerah itu setiap pekannya.

Selain kegiatan vaksinasi, Forkopimda juga menjalankan Operasi Razia rutin penerapan prokes yang dilakukan di tempat keramaian hingga warga terbiasa untuk mematuhi anjuran prokes setiap saat.