Luncurkan layanan telemedicine, pasien bisa konsultasi medis secara daring di SPH

id berita padang,berita sumbar,sph

Luncurkan layanan telemedicine, pasien bisa konsultasi medis secara daring di SPH

Suasana Semen Padang Hospital. (Antarasumbar/HO-SPH)

Manfaat layanan ini yaitu pasien tidak perlu datang langsung ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan konsultasi medis,
Padang (ANTARA) - Semen Padang Hospital (SPH) terus menghadirkan inovasi terbaik kepada pasiennya dalam berobat kendati dimasa pandemi COVID-19 dengan menghadirkan layanan baru.

Kepala Unit Poliklinik dan MCU Semen Padang Hospital, dr. Friza Yossy Harlinda di Padang, Selasa, menyampaikan pihaknya kini meluncurkan layanan telemedicine yang merupakan layanan konsultasi medis online dan memungkinkan dokter atau tenaga medis memberikan pelayanan dari jarak jauh.

"Manfaat layanan ini yaitu pasien tidak perlu datang langsung ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan konsultasi medis. Melalui konsultasi online, risiko paparan COVID-19 juga lebih rendah dibandingkan konsultasi langsung di rumah sakit karena tidak harus ikut mengantri dan menunggu bersama dengan pasien lainnya," katanya

Untuk layanan kesehatan yang dapat diakses/dilakukan melalui telemedicine diantaranya konsultasi online dengan dokter spesialis anak, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis paru, dan dokter spesialis gizi.

Terkait banyak pertanyaan yang timbul di masyarakat luas, apakah efektif melakukan pengobatan telemedicine tanpa tatap muka dengan dokter dalam masa pandemi, ia memastikan telemedicine cukup efektif untuk pemberian layanan medis.

"Hampir 80 persen diagnosis dapat ditegakkan melalui anamnesa atau wawancara medis dengan pasien. Apabila dibutuhkan pemeriksaan fisik lebih lanjut atau pemeriksaan penunjang, maka pasien akan dijadwalkan kembali untuk berkonsultasi langsung ke rumah sakit atau skrining di IGD," kata dr. Friza.

Untuk prosedur Layanan Telemedicine di Semen Padang Hospital cukup mudah dilakukan. Prosedur yang bisa dilakukan yakni, pasien melakukan pendaftaran online melalui whatsapp ke nomor 081261722207 pada H-1 jadwal telemedicine dengan batas waktu pendaftaran pukul 21.00 WIB.

Pasien selanjutnya melakukan pembayaran melalui transfer ke nomor rekening SPH. Konsultasi akan dilayani melalui video call dengan dokter spesialis, durasi konsultasi 15 menit.

"Sementara itu, untuk pemberian obat/resep obat dilakukan setelah berkonsultasi. Pasien akan dihubungi oleh bagian farmasi untuk menginfokan obat yang diresepkan oleh dokter. Obat selanjutnya akan dikirimkan melalui layanan jasa pengiriman barang (online)," terangnya.

Untuk saat ini telemedicine dijadwalkan pada Senin-Sabtu sesuai dengan jadwal praktek dokter spesialis.

Sedangkan untuk biaya Telemedicine SPH Rp200.000,- dan untuk telemedicine gizi disediakan paket konsultasi dibawah 30 menit dan diatas 30 menit.

dr. Friza juga mengimbau agar masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini, terutama dalam situasi pandemi seperti ini.

"Telemedicine merupakan salah satu pemanfaatan teknologi serta mendukung upaya pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19. Melalui telemedicine, masyarakat yang membutuhkan konsultasi jarak jauh tidak perlu datang langsung ke rumah sakit untuk tetap mendapatkan layanan medis," katanya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021