Hasil tangkap ikan tongkol di Padang Januari-Juli 2021capai 3.281 ton

id berita padang,berita sumbar,ikan

Hasil tangkap ikan tongkol di Padang Januari-Juli 2021capai 3.281 ton

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Guswardi. (Antarasumbar/Mario Sofia Nasution)

Apabila di musim ikan maka tangkapan nelayan melebihi dari bulan-bulan lainnya dan jika musim  badai maka hasil tangkapan berkurang,
Padang (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang mencatat hasil tangkapan ikan tongkol oleh nelayan di daerah itu mencapai 3.281 ton sejak Januari hingga Juli 2021.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Guswardi di Padang, Rabu, mengatakan rata-rata setiap bulannya ada 400 ton ikan tongkol yang ditangkap.

Kemudian ada ikan cakalang dengan tangkapan 1.698 ton sepanjang tahun 2021 dengan rata-rata setiap bulannya mencapai 200 ton hingga 250 ton setiap bulan.

Setelah itu ikan tuna sebanyak 1.341 ton sejak Januari hingga Juli 2021 dengan rata-rata 150 ton hingga 200 ton setiap bulannya.

Ia mengatakan hasil produksi tangkapan nelayan dipengaruhi iklim dan cuaca yang ada

"Apabila di musim ikan maka tangkapan nelayan melebihi dari bulan-bulan lainnya dan jika musim badai maka hasil tangkapan berkurang," kata dia.

Ia menyebutkan hingga Juli 2021 total hasil tangkap ikan di perairan Kota Padang mencapai 11.304 ton yang terdiri dari sejumlah ikan yakni ikan tongkol, cakalang, tuna, tenggiri, udang, layang, kembung dan lainnya.

Menurut dia Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang memiliki target tangkap ikan di perairan daerah itu 20 ribu ton sepanjang tahun ini dan hingga bulan ini sudah tercapai 50 persen lebih.

"Kita juga memberikan pemberdayaan serta bantuan kepada nelayan untuk mengoptimalkan hasil tangkapan mereka," kata dia