Warga tidak sedekahi pengemis di pinggir jalan, imbau kepala Satpol PP Padang

id berita padang,berita sumbar,sedekah

Warga tidak  sedekahi pengemis di pinggir jalan, imbau kepala Satpol PP Padang

Kepala Satpol PP Kota Padang, Alfiadi. (Antarasumbar/Ikhwan Wahyudi)

Setelah diproses dan diamankan lalu diserahkan ke Dinas Sosial, namun setelah itu mereka kembali mengemis di jalan karena selalu ada warga yang memberi sedekah,
Padang (ANTARA) - Satpol PP Kota Padang mengimbau warga untuk tidak memberi sedekah kepada pengemis dan pemulung yang ada di pinggir jalan karena hal itu secara tidak langsung akan mempertahankan keberadaan mereka di jalanan.

"Kalau ingin memberikan sedekah sebaiknya kepada lembaga amil zakat atau infak dan sedekah sehingga dapat disalurkan kepada orang yang lebih berhak," kata Kepala Satpol PP Kota Padang, Alfiadi di Padang, Rabu.

Menurut dia maraknya kehadiran para pengemis dan pemulung di jalan utama di Kota Padang karena ada warga yang memberikan sedekah kepada mereka.

Jadi sama dengan hukum permintaan dan penawaran, selagi ada yang memberikan maka mereka akan tetap ada di pinggir jalan, kata dia.

Ini bukan berarti saya melarang warga memberikan sedekah namun lebih kepada bersedekah kepada orang yang tepat melalui lembaga yang berkompeten, lanjut dia.

Alfiadi menyampaikan di dalam Perda Ketertiban Umum Kota Padang tidak hanya pengemis di pinggir jalan yang ditindak namun pemberi juga bisa diproses.

Akan tetapi pada tahap awal pihaknya memberikan imbauan terlebih dahulu.

Lebih lanjut, ia mengatakan selama ini sudah sering menindak dan menertibkan pengemis yang beroperasi di pinggir jalan.

"Setelah diproses dan diamankan lalu diserahkan ke Dinas Sosial, namun setelah itu mereka kembali mengemis di jalan karena selalu ada warga yang memberi sedekah," kata dia.

Kalau begitu terus sampai kota ini habis bakal terus berulang siklusnya, oleh sebab itu untuk penertiban dimulai dari tidak ada warga yang memberikan sedekah.

Ia menilai kalau dalam satu jam saja tidak ada warga yang memberikan sedekah nanti pengemis di pinggir jalan akan bubar sendiri tanpa perlu ditertibkan lagi.

Sepanjang Ramadhan terpantau sepanjang jalan Sudirman Padang ramai oleh para pengemis dan pemulung yang berdiri di sisi kanan dan kiri jalan.

Diantara para pengemis dan pemulung tersebut ada yang menggunakan becak dan membawa karung besar.

Setelah pukul 15.00 WIB biasanya akan semakin ramai memadati jalan protokol di Padang mengharapkan belas kasihan pengendara yang lewat.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar