Wako Solok: LKAAM berperan penting wujudkan visi Kota Solok yang diberkahi

id Berita solok, berita sumbar, Pemkot solok

Wako Solok: LKAAM berperan penting wujudkan visi Kota Solok yang diberkahi

Wako Solok Zul Elfian Umar (Antara/HO-Prokomp Kota Solok)

Solok (ANTARA) - Wali Kota Solok Zul Elfian Umar menilai Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Bundo Kanduang dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kota Solok berperan penting dalam mewujudkan visi Kota Solok yang diberkahi.

"Sinergisitas antara pemerintah Kota Solok dengan LKAAM, Bundo Kanduang dan KAN harus tetap dipertahankan karena ketiga lembaga adat ini memiliki peran besar dan efektif dalam membangun Kota Solok menjadi lebih baik lagi," ujar Wali Kota Solok Zul Elfian, di Solok, Minggu.

Ia menyampaikan hal itu saat menghadiri kegiatan silaturrahim pengurus LKAAM, Bundo Kanduang dan KAN Kota Solok, di Masjid Lubuk Sikarah, Kota Solok, Sumbar.

Zul juga mengatakan peran LKAAM, Bundo Kanduang dan KAN sangat diperlukan pemerintah dalam mewujudkan visi menjadikan Kota Solok sebagai kota yang diberkahi, maju dan sejahtera.

Menurut dia untuk membangun pemerintahan yang baik, maka harus menguatkan tali tiga sejalan, yakni antara niniak mamak, alim ulama dan cerdik pandai.

"Apalagi, saat ini krisis budaya telah mulai mengikis kelestarian adat yang merusak generasi muda Minangkabau," ucap dia.

Di tambah lagi saat ini di tengah perkembangan zaman yang semakin maju, pergaulan negatif sangat menyolok mata dan juga tidak mungkin menentang zaman tersebut.

"Kendati demikian perubahan zaman itu seharusnya tidak menghilangkan jati diri adat dan budaya Minangkabau terhadap masyarakat," katanya.

Di samping itu, Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra mengatakan di tengah pandemi COVID-19 yang berdampak terhadap masyarakat di Kota Solok. Ia mengajak pemuka adat untuk berperan aktif menyosialisasikan pentingnya vaksinasi COVID-19.

Ia berharap semua pemangku kepentingan lainnya dapat bersama-sama menyukseskan program nasional vaksinasi, guna meningkatkan kekebalan tubuh dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Apabila niniak mamak dan bundo kanduang mendengar kabar tidak baik tentang vaksinasi, jangan mudah percaya. Karena vaksin sudah teruji dan terjamin keamanan dan halalnya," kata Dhani.