Di Solok, yang akan menunaikan ibadah haji, bagi berusia lanjut jalani divaksin COVID-19

id berita solok,berita sumbar,vaksin

Di Solok, yang akan menunaikan ibadah haji, bagi berusia lanjut jalani divaksin COVID-19

Dinas Kesehatan Kota Solok mengadakan vaksinasi ke seluruh jamaah calon haji di Kota Solok, Sumatera Barat (Antarasumbar/HO-Info Publik Solok)

Kalau ada komorbid, tentunya tidak akan dilakukan vaksinasi, penyuntikan tidak akan kita lakukan,
Solok (ANTARA) - Seluruh jamaah calon haji asal Kota Solok, Sumatera Barat yang lanjut usia (lansia) jalani vaksinasi Corona Virus Disaese (COVID-19) yang diberikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Ardinal di Solok, Senin, mengatakan sasaran calon jamaah haji lansia yang akan menjalani vaksinasi COVID-19 sebanyak 49 orang.

Selain itu, ia mengatakan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tersebut sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan supaya calon jamaah haji divaksinasi dengan batas waktu hingga Mei 2021.

Ia juga menyebutkan pelaksanaan vaksinasi jamaah calon haji 2021 dibagi menjadi dua kelompok yang terdiri atas kelompok lansia dan masyarakat rentan terpapar COVID-19.

Menurut Ardinal rentan ini maksudnya karena mereka melakukan perjalanan lintas negara. Selain itu, hanya yang memenuhi syarat vaksinasi yang akan memperoleh vaksinasi COVID-19.

"Kalau ada komorbid, tentunya tidak akan dilakukan vaksinasi, penyuntikan tidak akan kita lakukan,” ucap Ardinal.

Ia mengatakan vaksinasi untuk lansia sudah dilaksanakan pada akhir Maret 2021 dan diprediksi akan selesai pada akhir April 2021 karena rentang waktu pemberian dosis vaksin pertama dan kedua selama 28 hari.

Sementara itu, bagi calon jamaah haji yang tidak masuk ke dalam kategori lansia, akan dimasukkan dalam kelompok masyarakat rentan terpapar COVID-19 dari 18 hingga 59 tahun.

"Artinya jamaah haji dapat dikatakan masyarakat rentan karena melakukan perjalanan ke luar negeri yang memiliki risiko terhadap penularan COVID-19, apalagi mereka melakukan perjalanan udara dengan masa terbang lebih dari tiga jam," kata dia.

Penjadwalan calon jamaah haji yang termasuk dalam kelompok masyarakat rentan akan memperoleh vaksinasi pada pertengahan April hingga Mei 2021.

Selain itu, kedua data kelompok tersebut telah ada dalam Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Kesehatan (Siskohatkes) Dinas Kesehatan Kota Solok yang langsung terlapor ke Kementerian Kesehatan.

“Diharapkan setelah divaksin para calon jamah haji harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada seperti memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan menjaga jarak,” ujar dia.

Menurut dia vaksinasi merupakan syarat wajib bagi calon jamaah yang hendak mengikuti ibadah haji tahunan, vaksin yang diberikan adalah vaksinasi meningitis dan dua dosis pemberian vaksin COVID-19.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar