Empat sektor prioritas pembangunan Solok Selatan 2022

id berita solok selatan,berita sumbar,prioritas

Empat sektor prioritas pembangunan Solok Selatan 2022

Pelaksan harian (Plh) Bupati Solok Selatan Doni Rahmat Samulo saat memimpin Musrenbang Kabupaten di Aula Sarantau Sasurambi setdakab Solok Selatan, di Padang Aro, Selasa. (Antarasumbar/HO-Humas)

Pembangunan harus terintegrasi dan dibutuhkan dukungan serta kerjasama semua pihak,
Padang Aro (ANTARA) - Pelaksana harian (Plh) Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Doni Rahmat Samulo mengungkapkan ada empat sektor prioritas pembangunan kabupaten itu pada 2022 yaitu pertanian, koperasi, perdagangan-UKM, dan pariwisata-tenaga kerja.

"Ke empat sektor peioritas tersebut didukung dengan infrastruktur dan lingkungan hidup," kata dia saat Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Solok Selatan Tahun 2022 di Padang Aro, Selasa.

Dia mengatakan, mengacu pada visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan periode 2021-2026 serta memperhatikan rancangan tema pembangunan nasional dan provinsi Sumbar maka tema pembangunan Solok Selatan pada 2022 yaitu pemulihan ekonomi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Musrenbang tahun ini, katanya merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Solok Selatan periode 2021-2026.

Oleh karena itu, katanya dibutuhkan dukungan semua pihak dan bersama-sama membangun Kabupaten Solok Selatan.

"Pembangunan harus terintegrasi dan dibutuhkan dukungan serta kerjasama semua pihak," ujarnya.

Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda mengatakan Musrenbang tidak hanya berbicara infrastruktur saja tetapi penting juga ditekankan kepada pembangunan sumber daya manusia dan struktur perekonomian masyarakat.

"Musrenbang RKPD harus mengacu kepada RPJMD Solok Selatan yang materi awalnya bersumber dari visi misi kepala daerah, mana yang termasuk kepada skala prioritas dan mana yang tidak," ujarnya.

Menurut dia, membangun Solok Selatan harus penuh kekompakan dan dikerjakan secara bersama-sama dan jangan ada ego sektoral diantara kita.

"Semua lini harus kompak dan bersama membangun Solok Selatan agar lebih cepat maju," ujarnya.