Menuju kota maju dan sejahtera, Solok kembangkan sektor perdagangan dan jasa modern

id berita solok,berita sumbar,zul

Menuju kota maju dan sejahtera, Solok kembangkan sektor perdagangan dan jasa modern

Wali Kota Solok, Zul Elfian. (Antarasumbar/HO-Prokomp Kota Solok)

Ekonomi kerakyatan dapat dikatakan sebagai suatu sistem yang berbasis pada kekuatan ekonomi rakyat,
Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat akan mengembangkan sektor perdagangan dan jasa modern dalam rangka menuju kota yang maju, sejahtera serta diberkahi.

"Rencana pembangunan daerah lima tahun ke depan, yakni mewujudkan Kota Solok yang maju dan sejahtera melalui pengembangan sektor perdagangan dan jasa modern," kata Wali Kota Solok, Zul Elfian saat membuka pelaksanaan konsultasi publik Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Solok 2021/2026 di Solok, Kamis.

Ia berharap ke depannya Solok dapat menjadi kota yang maju dengan memiliki infrastruktur dan fasilitas publik yang lebih baik lagi dalam menunjang percepatan pertumbuhan perdagangan dan jasa untuk peningkatan perekonomian daerah.

Menurut dia untuk peningkatan perekonomian daerah berorientasi pada ekonomi kerakyatan, yakni berbasis potensi unggulan daerah yang berkelanjutan serta didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Ekonomi kerakyatan dapat dikatakan sebagai suatu sistem yang berbasis pada kekuatan ekonomi rakyat," kata dia.

Menurutnya ekonomi kerakyatan merupakan kegiatan perekonomian atau usaha yang dilakukan oleh masyarakat secara mandiri dalam mengelola sumberdaya ekonomi yang mereka miliki.

Dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan perekonomian diartikan sebagai faktor pendorong meningkatkan daya saing daerah terutama dalam menciptakan nilai tambah produk dan jasa dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak hanya dalam proses produksi, tetapi juga pemasaran dan distribusi dengan memanfaatkan teknologi informasi," ujar dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan dinamika pembangunan daerah yang terus berubah dengan cepat menyebabkan tantangan pembangunan daerah semakin berat.

Ditambah lagi pertumbuhan ekonomi daerah yang cenderung melambat, pengurangan kemiskinan dan pengangguran serta perbaikan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur kota yang belum tertata serta pengamalan terhadap ajaran agama dan adat budaya yang mulai luntur menjadi fokus utama perencanaan pembangunan lima tahun ke depan.

Untuk itu perlu diadakannya forum konsultasi publik dengan tujuan untuk memperoleh masukan dari seluruh pemangku kepentingan dalam penyempurnaan rancangan awal RPJMD Kota Solok.

Selanjutnya, hasil konsultasi publik RPJMD ini akan dituangkan dalam berita acara kesepakatan dan ditandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan yang menghadiri Konsultasi Publik RPJMD.