Pelayanan publik di Polres Payakumbuh raih penghargaan

id berita payakumbuh,berita sumbar,polres

Pelayanan publik di Polres Payakumbuh raih penghargaan

Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira saat menerima piagam penghargaan dari Kemenpan-RB yang diserahkan Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto. (Antara/HO-Humas Polres)

Kami perlu meningkatkan pelayanan kepolisian di tingkat Polsek sehingga sama baiknya dengan pelayanan di Polres. Masyarakat juga cukup dilayani Polsek dan tidak perlu jauh ke Polres,
Payakumbuh (ANTARA) - Setelah meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) terkait penyelenggaran pelayanan publik, Kepolisian Resor (Polres) Payakumbuh, Sumatera Barat akan menyiapkan peningkatan pelayanan publik di tingkat Polsek.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira di Payakumbuh, Kamis, mengatakan peningkatan pelayanan memang akan terus dilakukan, seperti peningkatan pelayanan kepolisian sampai dengan tingkat Polsek.

"Kami perlu meningkatkan pelayanan kepolisian di tingkat Polsek sehingga sama baiknya dengan pelayanan di Polres. Masyarakat juga cukup dilayani Polsek dan tidak perlu jauh ke Polres," ujarnya.

Meski begitu, pelayanan yang bisa diberikan di Polsek tersebut tentunya yang sesuai dengan batas kewenangan pelayanan yang bisa diberikan oleh Polsek.

"Kami akan coba memulainya dari tahun ini, semoga Allah memberikan kemudahan untuk bisa menyiapkan pelayanan terbaik untuk masyarakat," katanya.

Terkait pelayanan di Polres Payakumbuh, Kapolres mengatakan bahwa pihaknya akan menghadirkan pelayanan prima dan pihaknya terus melakukan inovasi.

Saat ini Polres Payakumbuh memiliki Pelayanan Terpadu Satu Atap yang memberikan layanan untuk SPKT, SIM dan SKCK secara terintegrasi dalam satu atap bangunan.

Menurutnya hal tersebut juga sebagai upaya mendukung program prioritas Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, yakni peningkatan kualitas pelayanan publik dan mewujudkan pelayanan Polri yang terintegrasi.

“Polres Payakumbuh memiliki inovasi layanan kepolisian yang berbasis IT maupun non-IT. Untuk program non-IT, ada pelayanan terpadu satu atap kita," ujarnya.

Sementara untuk inovasi unggulan berbasis IT ada aplikasi Android Polisiku Polres Payakumbuh, Command Center Polres Payakumbuh dan pengungkapan kasus berbasis IT.

Terkhusus aplikasi Android Polisiku Polres Payakumbuh yang merupakan layanan kepolisian berbasis Android dengan mengintegrasikan seluruh layanan kepolisian.

Pelayanan yang ada di aplikasi tersebut seperti fitur panic button, fitur pengaduan, pendaftaran SIM, pendaftaran SKCK, izin keramaian, laporan kehilangan, fitur pengawalan, fitur pengamanan, besuk tahanan daring.

Selanjutnya hilang temu kendaraan daring, fitur cek kendaraan hilang, fitur ambulance, fitur PLN, fitur bencana alam, Satpol PP–Damkar, fitur saber pungli, hingga pelayanan COVID-19.