Mercy-USA beri bantuan sapi untuk Poktan Talang Parindu Agam

id berita agam,berita sumbar,sapi

Mercy-USA beri bantuan sapi untuk Poktan Talang Parindu Agam

Anggota Kelompok Tani Talang Parindu sedang berada di kandang sapi. (antarasumbar/Istimewa)

Saya mengucapkan terimakasih atas bantuan sapi dan kandang tersebut,
Lubukbasung (ANTARA) - Kelompok Tani (Poktan) Talang Perindu Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat mendapat bantuan 10 ekor sapi perah beserta kandang dari Mercy-USA.

Ketua Poktan Talang Perindu, Suhatril di Lubukbasung, Senin, mengatakan bantuan sapi dan pembuatan kandang itu diterima pada Minggu (10/1).

"Saya mengucapkan terimakasih atas bantuan sapi dan kandang tersebut," katanya.

Ia mengatakan, bantuan itu diusulkan sejak 2019 melalui Dinas Pertanian Kabupaten Agam.

Kemudian diverifikasi oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar untuk diajukan ke Mercy-USA.

“Kelompok Tani Talang Perindu dipilih sebagai penerima bantuan sapi perah ini dan salah satu kelompok penerima manfaat bantuan tersebut," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Agam, Arief Restu menambahkan Agam merupakan satu-satunya daerah di Sumbar penerima manfaat bantuan itu dan ini merupakan hibah dari Mercy-USA.

“Kita berharap Kelompok Tani Talang Perindu memeliharan sapi itu secara intensif, agar hasilnya ke depan jadi maksimal,” katanya.

Selain bantuan sapi dan pembuatan kandang, tambahnya Kelompok Tani Talang Perindu juga dibantu pakan tambahan atau konsentrat untuk pemeliharaan selama tiga bulan.

Sebelumnya anggota kelompok juga sudah diberikan bimbingan budidaya sapi perah, sebagai upaya meningkatkan pemahaman tentang beternak.

Ia berharap bantuan itu dapat meningkatkan skala kepemilikan sapi anggota kelompok, supaya dapat berpengaruh terhadap peningkatan produksi susu segar, serta berdampak kepada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan peternak.

“Kepada petugas kita minta tetap mendampingi kelompok dalam melakukan aktifitas peternakannya di lapangan,” katanya.***1***