Pengunjung objek wisata vila Danau Atas berkurang akibat COVID-19

id Berita Solok, berita Sumbar, objek wisata, vila danau atas

Pengunjung objek wisata vila Danau Atas berkurang akibat COVID-19

Jumlah pengunjung ke objek wisata vila Danau Atas menurun akibat COVID-19 (Antara/Laila )

Arosuka (ANTARA) - Jumlah pengunjung ke objek wisata vila Danau Atas atau Alahan Panjang Resort di Kabupaten Solok, Sumatera Barat mengalami penurunan akibat pandemi Corona Virus Disaese (COVID-19).

"Semenjak pandemi jumlah pengunjung ke objek wisata Alahan Panjang Resort menurun drastis," kata Koordinator Karcis dan Keamanan Objek Wisata Alahan Panjang Resort Yelfa di Alahan Panjang, Sabtu.

Ia menyebutkan biasanya sebelum pandemi pada hari libur seperti Sabtu dan Minggu jumlah pengunjung ke objek wisata itu mencapai ratusan orang. Akan tetapi saat ini hanya puluhan orang saja.

"Di tambah lagi cuaca yang kurang mendukung seperti badai dan hujan, tentu jumlah pengunjung semakin berkurang," ujar dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan biasanya pada libur tahun baru jumlah pengunjung mencapai ribuan orang. Namun pada tahun baru 2021 ini objek wisata vila Danau Atas ditutup karena mengikuti surat edaran gubernur Sumbar tentang penutupan seluruh objek wisata untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Kemarin vila sempat ditutup karena mengikuti surat edaran gubernur dan mulai dibuka lagi sejak Senin (4/1)," kata dia.

Selain itu, ia menyebutkan biasanya para pengunjung vila Danau Atas berasal dari Pekanbaru, Jambi, Palembang, Padang dan dari mancanegara berupa Cina dan Australia, serta wisatawan lokal.

"Namun saat pandemi ini jumlah pengunjung ke vila Danau Atas lebih didominasi wisatawan lokal," ucap dia.

Yelfa juga mengatakan objek wisata Danau Atas tetap menerapkan protokol COVID-19 untuk mencegah penyebaran virus itu terhadap pengunjung.

"Yakni menyediakan alat ukur suhu tubuh, mewajibkan memakai masker, dan menjaga jarak," kata dia.

Selain itu, salah seorang pengunjung vila Danau Atas Rahma Susanti (35) mengaku senang karena vila Danau Atas kembali dibuka. Sehingga Santi dan keluarganya bisa menikmati hari libur ke objek wisata itu.

Menurut Susanti vila Danau Atas merupakan objek wisata yang sangat menarik dikunjungi dan perlu dikembangkan lagi. Karena berpotensi sebagai sumber pendapatan daerah.

"Tetapi sayang, sepertinya objek wisata ini kurang diperhatikan. Sehingga banyak wisatawan yang kurang tertarik berkunjung," ujar dia. *
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar