Panwascam Lamposi Tigo Nagari puji andil masyarakat dalam pengawasan

id berita payakumbuh,berita sumbar,panwaslu

Panwascam Lamposi Tigo Nagari puji andil masyarakat dalam pengawasan

Ketua Panwascam Latina Dasrizal saat membuka Rapat Koordinasi pengawasan tahapan pemilu partisipatif yang melibatkan Lurah, KAN, Tokoh Masyarakat dan RW. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Sebelumnya kita juga telah menemukan adanya kegiatan bagi-bagi bahan kampanye diluar jadwal,
Payakumbuh (ANTARA) - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Lamposi Tigo Nagari (Latina), Kota Payakumbuh Sumatera Barat menilai bahwa hingga saat ini andil dari masyarakat di daerah itu dalam melakukan pengawasan tahapan Pilkada 2020 sudah terbilang baik.

Ketua Panwascam Latina, Dasrizal di Payakumbuh, Senin, mengatakan cukup banyak masyarakat yang langsung melapor kepada Panwascam apabila adanya kerumunan yang disinyalir berhubungan dengan Pilkada dalam hal ini kampanye.

"Alhamdulillah, cukup banyak masyarakat yang aktif dalam mengawasi. Peran masyarakat sangat penting sekali dalam pengawasan tahapan pemilihan," kata dia saat menggelar Rapat Koordinasi pengawasan tahapan pemilu partisipatif yang melibatkan Lurah, KAN, Tokoh Masyarakat dan RW.

Meski begitu, ia menyadari akan lebih banyak dinamika yang akan terjadi di lapangan menjelang dua minggu pelaksanaan pemilihan serentak 9 Desember 2020.

"Karena itu kami terus melakukan koordinasi dengan berbagai unsur di Kecamatan Latina. Baik Lurah, LPM, RW dan Tokoh Masyarakat lainnya. Mudah-mudahan setiap tahapan Pilkada di Kota Payakumbuh dapat berjalan dengan baik dan masyarakat dapat melakukan pengawasan Pilkada serta melakukan upaya pencegahan terjadinya berbagai macam pelanggaran Pilkada, termasuk politik uang," ujarnya.

Terlebih, sambungnya dengan telah dilantiknya puluhan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) serta Pengawas TPS (P-TPS) dapat membantu pelaksanaan Pilkada berjalan sesuai aturan termasuk untuk memahami aturan Pilkada dimasa pandemi COVID-19.

Ia mengatakan bahwa pihaknya baru-baru ini menemukan adanya kegiatan bagi-bagi bahan kampanye diluar jadwal. Untuk itu pihaknya terus mendorong partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan setiap tahapan pilkada.

"Sebelumnya kita juga telah menemukan adanya kegiatan bagi-bagi bahan kampanye diluar jadwal. Mari kita bersama-sama menyukseskan pemilu, karena itu tanggung jawab bersama," ujarnya.

Narasumber pada rakor tersebut, Syaiful Anwar mengatakan hasil dari pemilihan atau pemenang dari suatu pemilihan akan menggambarkan pemilih di daerah itu dan pastinya akan menentukan nasib daerah beberapa waktu ke depan.

"Suksesnya pemilihan sangat bergantung kepada semua pihak, termasuk masyarakat. Ini menjadi tugas kita bersama, karena ini menentukan nasib kita ke depannya," ujar mantan Komisioner KPU Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar