UNP adakan kompetisi kewirausahaan bagi Mahasiswa se Indonesia

id UNP,UPTPKK, bisnis plan, design, postek

UNP adakan kompetisi kewirausahaan bagi Mahasiswa se Indonesia

Suasana kegiatan Mahasiswa Semarakkan Expo Kewirausahaan UNP sebelum terjadinya pandemi COVID-19 pada Kamis (31/10/19) (Antara/Suci Wahyuni)

Padang (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Negeri Padang (UPTPKK-UNP) mengadakan kompetisi Business Plan dan Poster Kewirausahaan tingkat Perguruan Tinggi seluruh Indonesia yang mana pendaftarannya sudah dibuka mulai 1 Oktober 2020.

Ketua Panitia Pelaksana Kompetisi Elfizon, M.Pd.T di Padang, Kamis (1/10) mengatakan tema yang diangkat pada kompetisi yang diadakan secara daring ini adalah "Optimalisasi Peran Generasi Milenial Dalam Menghadapi Tantangan Perekonomian Global di Era New Normal".

Ia mengatakan tema tersebut diusung berawal dari permasalahan karena terkendala strategi pemasaran karena pandemi jadi banyak industri dan UKM yang omsetnya berkurang.

"Lomba poster itu pun tujuannya juga untuk memunculkan opini atau ide-ide kreatif mahasiswa membuat poster tentang bagaimana strategi kewirausahaan yang pas di masa pandemi ini agar pendapatan para wirausaha dapat meningkat kembali, ungkap Elfizon yang juga seorang dosen di jurusan Teknik Elektro UNP.

Ia menambahkan bahwa kompetisi ini juga sebagai pengganti kegiatan expo Kewirausahaan yang dialihkan menjadi online karena terkendala pandemi.

"Kegiatan expo dalam kondisi sekarang ini kan tidak mungkin rasanya diadakan karena kita tidak diperbolehkan untuk berkumpul dan melaksanakan kegiatan yang mengundang keramaian karena itu di ganti kegiatannya dengan mengadakan kompetisi bisnis seluruh Indonesia tingkat mahasiswa yang tujuannya tentu untuk mewujudkan ide-ide kreatif dan inovatif dari mahasiswa," ujar Koordinator bidang pendidikan dan pelatihan di UPTPKK tersebut.

Sementara itu, ketentuan umum mengikuti lomba tersebut adalah Mahasiswa aktif jenjang D3/D4/S1 PT di Indonesia, satu team beranggotakan 1-3 Orang (1 Ketua), karya yang dilombakan orisinal dan belum pernah dipublikasikan, peserta dari satu Perguruan Tinggi diperbolehkan mendaftarkan lebih dari 1 kategori tetapi hanya diperbolehkan menjadi ketua pada satu kategori lomba.

Untuk kompetisi Business Plan terbagi menjadi dua tahapan yaitu tahapan pengiriman Proposal dan Video Pemaparan Business Plan. Proposal Bisnis di-upload melalui tautan http://bit.ly/UptPKKBusiness2020 sampai batas 10 Oktober. Pengumuman lolos seleksi proposal pada 15 Oktober dan bagi yang dinyatakan lulus bisa lanjut mengirimkan video Pemaparan Business Plan melalui http://bit.ly/uptPKKPaparan.Video2020 paling lambat pada 23 Oktober.

Kemudian untuk lomba Poster Kewirausahaan, menampilkan poster logo Perguruan Tinggi masing-masing dan logo Kemendikbud. Poster merupakan hasil karya orisinal yang belum pernah dipublikasikan. Poster berisikan gagasan promosi usaha dagang atau jasa untuk meningkatkan omset pada Era New Normal. Poster dikirim melalui tautan http://bit.ly/UptPKKPoster2020.

Pengumuman Pemenang Kompetisi Business Plan dan Design Poster Kewirausahaan Tingkat Mahasiswa Tahun 2020 diumumkan secara resmi melalui website https://uptpkk.unp.ac.id pada 30 Oktober.

Pada kompetisi tersebut untuk pemenang pertama lomba Business Plan mendapatkan hadiah sebesar Rp 5 juta beserta E-Piagam . Sedangkan pemenang pertama untuk lomba poster mendapat hadiah sebesar Rp 3 juta beserta E-Piagam.

Bagi mahasiswa yang berminat dan ingin mengetahui informasi ini lebih lanjut bisa melihat pengumuman tersebut dengan mengunjungi website resmi UNP di unp.ac.id atau bisa menghubungi Ketua Pelaksana Elfizon di nomor 085263031824 atau Minda Wulandari 085274885081 dan Ivo Ariesty Wulandari 085355679657.

Teks Foto : Suasana kegiatan Mahasiswa Semarakkan Expo Kewirausahaan UNP sebelum terjadinya pandemi COVID-19 pada Kamis (31/10/19) (Antara/Suci Wahyuni)