Perkenalkan 'electrifyinglifestyle', dua motor listrik terpajang di kantor PLN UIW Sumbar,

id PLN, motor listrik, ramah lingkungan, bebas polusi, berita sumbar

Perkenalkan 'electrifyinglifestyle', dua motor listrik terpajang di kantor PLN UIW Sumbar,

Dua Unit Motor Listrik dipajang depan kantor PLN UIW Sumbar (Antara/hmspln.doc)

Padang (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar terus mengenalkan era baru Electrifying Life Style dengan menghadirkan dua unit motor listrik di pintu masuk Kantor Induk PLN UIW Sumbar sejak Minggu (13/9). Kehadiran dua motor listrik tersebut merupakan upaya PLN untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mulai beralih menggunakan peralatan elektronik yang modern, efisien dan ramah lingkungan.

Menurut General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto, PLN ingin mengkampanyekan gaya hidup kekinian yang praktis dan bebas polusi, seperti dirilis, Kamis.

“PLN berharap dengan dipajang, masyarakat dapat melihat dan mengetahui secara langsung keunggulan dari motor listrik. Alhamdulillah responnya positif dan cukup antusias. Mereka boleh berfoto ataupun bertanya terkait motor listrik, kami dengan senang hati akan menjelaskan,” ungkap Bambang. Ia juga menyampaikan perlunya beralih ke motor listrik yang lebih hemat dan berdampak positif pada devisa Negara mengingat neraca perdagangan didominasi oleh impor bahan bakar minyak serta elpiji.

Saat ini kehadiran motor listrik memang masih relatif sedikit bila dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak. Namun seiring dengan teknologi yang semakin maju dan harga yang semakin murah maka motor listrik diyakini dapat menjadi pilihan tepat di masa depan. Bila dikomparasi, motor listrik lebih hemat 70 % dibanding motor minyak.

Satu kWh (kilo Watt hour) listrik bisa digunakan untuk berkendara sejauh 30 kilo meter dengan harga per kWh Rp 1.467. sehingga untuk menempuh perjalanan sekitar 60 km maka motor listrik hanya memerlukan biaya sekitar Rp 3.000,-. Sedangkan motor dengan bahan bakar minyak membutuhkan 1,5 L atau sekitar Rp. 11.000,- untuk menempuh perjalanan dengan jarak yang sama. Motor listrik pun dapat diisi ulang di Rumah atau pada SPLU (stasiun pengisian listrik umum) yang sudah banyak tersebar di Sumatera Barat.

Kehadiran motor listrik juga sejalan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 tahun 2019 Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. PP ini tentu mendukung kehadiran motor listrik yang mendukung kehidupan modern yang hemat, praktis dan ramah lingkungan. PLN siap menghadapi era electrifying lifestyle melalui suplai listrik yang andal demi memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan. Jadi tunggu apa lagi, ayo segera beralih menggunakan motor listrik. Lebih hemat, lebih bersih, dan bebas polusi.