Dua tokoh daftarkan diri maju Pilgub Sumbar ke Koalisi Poros Baru

id berita padang,berita sumbar,pilgub 2020,poros baru

Dua tokoh daftarkan diri maju Pilgub Sumbar ke Koalisi Poros Baru

Bupati Solok Gusmal mendaftarkan diri kepada Koalisi Poros Baru di Padang, Kamis. (antarasumbar/Istimewa)

Sesuai jadwal keduanya telah datang dan kita berikan ruang kepada mereka mendaftarkan diri,
Padang (ANTARA) - Dua tokoh Sumbar yakni mantan Wali Kota Padang, Fauzi Bahar dan Bupati Solok, Gusmal mendaftarkan diri mereka ke Koalisi Poros Baru yang diisi Partai Golkar, PKB dan Nasdem pada hari pertama pembukaan pendaftaran untuk diusung di pemilihan gubernur (Pilgub( Sumatera Barat (Sumbar) 2020.

Wakil Ketua Partai Golkar Sumbar, Afrizal di Padang, Kamis, mengatakan hari ini dua tokoh sudah datang dan mendaftarkan diri untuk diusung maju di Pilgub Sumbar yang akan digelar 9 Desember 2020.

"Sesuai jadwal keduanya telah datang dan kita berikan ruang kepada mereka mendaftarkan diri. Ini semua fasilitas yang kita berikan untuk mendapatkan calon yang terbaik nantinya," ujar dia.

Mereka yang telah mendaftar akan diberikan kesempatan menyampaikan visi dan misi jika terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur.

Ia mengatakan pendaftaran sendiri akan dilaksanan hingga Minggu. Untuk Jumat ada Dony Oskaria, Reydonnizar Moenek dan lainnya.

Sementara Sabtu ada Fakhrizal dan Genius Umar yang akan mendaftarkan diri mereka.

"Kita akan tutup pendaftaran pada Minggu dan ditargetkan 26 Agustus 2020 Koalisi Poros Baru memiliki pasangan calon yang alan diusung nantinya," tambah dia.

Mantan Wali Kota Padang dua periode 2004 hingga 2014, Fauzi Bahar mengatakan kehadiran poros baru memberikan peluang kepada calon gubernur atau wakil gubernur yang ingin mengabdi ke Sumatera Barat.

"Sehingga ini sejarah baru yang tidak kita duga-duga, ternyata ada sebuah wadah lagi, selanjutnya kita serahkan kepada masyarakat," kata dia.

Koalisi Poros Baru sangat mengakomodir para calon.

"Saya prinsipnya, siap jadi gubernur, siap jadi wakil gubernur, yang jelas mengabdi untuk Sumatera Barat," ujarnya.

Menurut dia semua calon gubernur dan wakil gubernur merupakan putra terbaik Sumbar, karena mereka siap mengabdi.

"Mereka juga siap menghabiskan dana untuk kampanye risiko semua ada pada kami, mulai dari Pak Fakhrizal, Mulyadi, Gusmal dan lainnya," lanjutnya.

Sementara Bupati Kabupaten Solok dua periode Gusmal mengatakan adanya poros baru membuka peluang bagi para warga negara yang ingin jadi bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat nantinya.

"Saya termasuk salah seorang warga negara Republik Indonesia, warga Sumbar, yang berkeinginan ikut serta dalam kontestasi ini pemilihan tersebut," katanya.

Dirinya sangat menghargai poros baru ini dibentuk dan akan berakhir pada penyampaian visi dan misi yang akan dinilai oleh sebuah tim, bentukan tiga partai (PKB, Partai Golkar, dan Partai Nasdem)," sebut dia.

Ia menekankan bahwa dirinya merupakan representasi dari Solok Raya yakni Kabupaten Solok, Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan.

"Saya siap untuk berjuang dan menyerahkan kepada koalisi apakah ditempatkan sebagai gubernur atau wakil gubernur," kata dia.