Sempat reaktif melalui tes cepat, tiga calon PPDP KPU Pesisir Selatan dinyatakan negatif COVID-19

id Epaldi Bahar,KPU Pesisir Selatan,berita Pesisir Selatan,Pesisir Selatan terkini,berita sumbar,sumbar terkini,anggota PPDB reaktif covid-19

Sempat reaktif melalui tes cepat, tiga calon PPDP KPU Pesisir Selatan dinyatakan negatif COVID-19

Ketua KPU Pesisir SelatanĀ Epaldi Bahar. (ANTARA/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Tiga calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dinyatakan negatif terpapar COVID-19 setelah sebelumnya ketiganya reaktif melalui tes cepat.

"Rentang 07-10 Juli 2020 tim dari RSUD Dr M Zein Painan melakukan tes cepat terhadap 1.096 calon PPDP, hasilnya tiga di antaranya reaktif COVID-19. Namun ketika dilakukan tes usap sebagai tindaklanjut diketahui ketiganya negatif terpapar COVID-19," kata Ketua KPU Pesisir Selatan Epaldi di Painan, Rabu.

Ketiga calon PPDP yang dinyatakan negatif terpapar COVID-19 berasal dari tiga kecamatan berbeda, satu dari Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, satunya lagi dari Kecamatan Bayang dan sisanya dari Kecamatan Batang Kapas.

"Informasi ini perlu disebarluaskan secara bersama-sama, sehingga tidak berkembang informasi "liar" yang berpotensi merugikan semua pihak termasuk di dalamnya KPU, calon PPDP dan masyarakat," imbuhnya.

Terhadap ketiganya sesuai dengan peraturan yang ada maka langsung diusulkan penggantian, namun dengan catatan penggantinya mesti juga melakukan tes cepat dengan hasil harus nonreaktif COVID-19.

Ia menjelaskan dilaksanakannya tes cepat bagi calon PPDP dimaksud untuk memastikan bahwa petugas yang akan dikerahkan ke tengah-tengah masyarakat dalam keadaan sehat.

"Dengan kegiatan ini mudah-mudahan masyarakat membuka diri terhadap petugas PPDP yang akan diturunkan, sehingga tugas mereka tuntas dengan hasil maksimal," kata dia.

PPDP akan turun ke lapangan terhitung sejak 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih dengan berkunjung dari satu rumah ke rumah yang lain sesuai dengan wilayah kerjanya.

PPDP juga akan dilengkapi dengan masker, pelindung wajah, sarung tangan, pembersih tangan serta tanda pengenal dan atribut pendukung lainnya.

"Total jumlah pemilih yang akan dicocokan dan teliti oleh PPDP mencapai 347.704 orang, mereka juga akan didaftarkan ke 1.099 tempat pemungutan suara," tambahnya. (*)