Ormas WPCD Sumbar hadirkan LBH, bantu masyarakat kurang mampu

id LBH WPCD, Fauzi Bahar, Fadli Imran

Ormas WPCD Sumbar hadirkan LBH, bantu masyarakat kurang mampu

Ketua Umum WPCD Sumbar Aldi Yunaldi foto bersama pembina pada pengukuhan pengurus LBH. (ANTARA/Siri Antoni/23)

Padang (ANTARA) - Organisasi Masyarakat (Ormas) Warga Padang Cinta Damai (WPCD) Provinsi Sumatera Barat menghadirkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) untuk mendukung masyarakat kurang mampu saat berurusan dengan masalah hukum.

Peluncuran dan pengukuhan pengurus LBH WPCD Imra Lewi W,S.H,.M.H sebagai Direktur, dan Sekretaris Novelis, S.H serta Bendahara Orin P. Neldon,. S.H,. M.Kn bersamaan dengan launching program aksi bersih karpet masjid pada acara Halal Bi Halal di Padang, Sabtu.

Ketua Umum WPCD Sumbar Aldi Yunaldi mengatakan

kehadiran LBH WPCD karena keprihatinan masih adanya masyarakat kurang mampu disegi financial, disegi SDM dan disegi jaringan berurusan dengan hukum.

Menurut dia, kalau masyarakat kurang financial tentu tidak bisa untuk mencari pengacara, dan lemah disegi pengetahuan kemana harus minta bantuan.

Justru itu, semakin banyak LBH yang peduli dengan masyarakat kurang mampu dalam menghadapi persoalan hukum, tentu bisa mendapatkan rasa keadilan.

"Kita menyadari sudah banyak lembaga bantuan hukum yang peduli pada masyarakat yang serba kekurangan, tapi WPCD ingin turut hadir dan potensi SDM di Ormas ini dibidang tersebut juga tersedia," ungkapnya.

LBH WPCD sudah menyiapkan sedikitnya delapan orang advokat/pengacara yang siap untuk berbuat dan membantu masyarakat, dan secara kompetensinya sebagai advokat juga sudah teruji.

"Kalau pengacara atau advokat di LBH WPCD orientasinya bukan untuk dibayar, tapi lebih kepada pengabdian dan membantu masyarakat," ujarnya.

Kendati demikian, masyarakat yang dibantu nantinya jelas mengacu kepada standar prosedur ditetapkan.

Mekanismenya, kata Aldi, masyarakat dapat melapor ke nomor hotline yang disiapkan, selanjutnya tim LBH WPCD akan meninjau kondisi riil.

Apabila sesuai dengan SOP yang ada, tambah dia, maka LBH WPCD melakukan pendampingan hukum terhadap masyarakat tersebut.

Turut hadir dalam acara Halal Bi Halal dan peluncuran program sosial itu, Pembina Utama WPCD dan Pembina lainnya Prof.Ganefri, Fadli Amran, Prof. Eka Putra Wirman, serta para pengurus tingkat kecamatan.
Ketua Umum WPCD Sumbar Aldi Yunaldi. (ANTARA/Siri Antoni/23)


Pembina utama WPCD, Dr. Fauzi Bahar dalam sambutannya kehadiran lembaga bantuan hukum ini sangat membantu masyarakat lemah yang berurusan dengan hukum.

Sebab, banyak selama ini masyarakat atau warga kurang mampu ketika dihadapkan hukum terganjal biaya sehingga tak mendapatkan keadilan.

"Mari kita selalu tunjukkan kepedulian terhadap masyarakat bawah yang masih banyak belum dapat perhatian, termasuk bersangkut masalah hukum,"imbaunya.

Fadli Amran yang juga selaku pembina WPCD Sumbar, mengapresiasi program-program yang bersentuhan langsung untuk membantu masyarakat.

Menurut Wako Padang Panjang itu, semoga kegiatan-kegiatan sosial yang dijalankan WPCD Sumbar dapat dirasakan oleh masyarakat.*