WPCD Sumbar meluncurkan program aksi bersih karpet masjid secara gratis

id WPCD, Ormas, Fauzi Bahar, Fadli Amran, bersih karpet gratis

WPCD Sumbar meluncurkan program aksi bersih karpet masjid secara gratis

Ketua Umum WPCD Aldi Yunaldi (tiga dari kiri) bersama oara pimbina Dr. Fauzi Bahar (kiri), Prof.Ganefri (dua dari kiri), Fadli Amran (tengah) dan Prof. Eka Putra Wirman (tiga dari kanan) serta pengurus lainnya. (ANTARA/Siri Antoni/23)

Padang (ANTARA) - Organisasi Masyarakat (Ormas) Warga Padang Cinta Damai (WPCD) Provinsi Sumatera Barat meluncurkan program yang dinamakan "Aksi Bersih Karpet Masjid" secara gratis sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

Peluncuran program aksi gratis bersih karpet masjid itu bersamaan pada acara Halal Bi Halal Organisasi Masyarakat (Ormas) WPCD Sumbar, di Padang, Sabtu.

Ketua Umum WPCD Sumbar Aldi Yunaldi mengatakan program ini baru dimulai aksinya pada 20 Mei 2023, karena dibutuhkan terlebih dahulu uji coba mesin.

Bantuan mesin dan satu unit mobil operasional, kata dia, dapat bantuan dari Pembina Utama WPCD Dr. Fauzi Bahar senilai Rp200 juta.

Aldi menyebutkan, sebanyak 1.000 masjid, mushalla atau surau ditargetkan dalam waktu setahun dapat dibersihkan.

Target itu optimis bisa tercapai karena dengan pola membersihkan karpet dengan pola masin yang akan digunakan hanya menghabiskan waktu 2 jam untuk satu masjid. Apalagi, pola pembersihan pun tidak butuh air.

"Ini akan menjadi kegiatan rutin bagi anggota WPCD sepanjang waktu, karena selama ini selalu menanyakan kegiatan sosial yang ingin dilakukan,"ujarnya.

Oleh karena itu, mulai saat ini pengurus WPCD tingkat kecamatan dan kelurahan diminta aktif untuk sosialisasi program ini ke masyarakat.

"Bagi pengurus yang tidak proaktif, pihaknya akan melakukan evaluasi nantinya,"ujarnya.

Cara untuk mendaftarkan bagi pengurus masjid, mushalla atau surau hanya tinggal menginformasikan alamat rumah ibadah kepada pengurus atau anggota WPCD. Kemudian pengurus masjid dan mushalla juga harus berkenan hadir menyaksikan kegiatan bersih karpet tersebut.

Nanti pengurus WPCD yang akan menyusun jadwal kegiatan berdasarkan nomor antrean didaftar agar tidak terjadi tumpang tindih dalam memberi layanan.

"Baru saja dilaunching sudah ada yang mendaftar sebanyak 12 rumah ibadah. Program ini bukan hanya di Kota Padang, tapi wilayah Provinsi Sumbar," tutup Aldi.

Turut hadir dalam acara Halal Bi Halal dan peluncuran program sosial itu, Pembina Utama WPCD Dr. Fauzi Bahar dan Pembina lainnya Prof.Ganefri, Fadli Amran, dan Prof. Eka Putra Wirman, serta para pengurus tingkat kecamatan.

Pembina Utama WPCD Sumbar Dr. Fauzi Bahar saat beri sabutan pada acara Halal Bi Halal dan peluncuran program Aksi Gratis Bersih Karpet Masjid. (ANTARA/Siri Antoni/23)


Pembina Utama WPCD Dr. Fauzi Bahar dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dengan gagasan program sosial yang telah dan akan dilakukan oleh WPCD.

Program terkini yang disebut aksi Bersih Karpet Masjid secara gratis merupakan satu langkah positif, dan tentu sangat membantu pengurus rumah ibadah.

"Setelah ramadhan 1444 H, tentu banyak karpet masjid dan mushalla yang kotor seperti pasir. Maka perlu disedot dengan mesin yang teknologi bagus,"ujarnya.

Program seperti ini adalah ladang dan wadah untuk berbuat baik bagi sesama, mari bersama untuk terus membantu dan beri dukungan terhadap masyarakat bawah.

"Dengan gerakan sosial yang banyak dilakukan WPCP akan menjadi amal kebaikan, dan terus membuktikan menjadi Ormas yang kuat,"ujarnya.*
Suasana acara Halal Bi Halal WPCD Sumbar, dan peluncuran program Aksi Gratis Bersih Karpet Masjid. (ANTARA/Siri Antoni/23)