Sejak sepekan terakhir, lima kali gempa "goyang" Sumbar

id berita padang,berita sumbar,gempa bumi,bmkg padangpanjang

Sejak sepekan terakhir, lima kali gempa "goyang" Sumbar

Ilustrasi- Gempa bumi (Antaranews)

Lima kali gempa bumi itu terjadi sejak 29 Mei hingga 04 Juni 2020,
Padang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sumatera Barat mencatat dalam sepekan terakhir lima kali gempa bumi "menggoyang" sejumlah daerah di wilayah Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang, Mamuri saat dihubungi dari Padang, Jumat, menyebutkan lima kali gempa bumi itu terjadi sejak 29 Mei hingga 04 Juni 2020.

"Dari lima kejadian gempa bumi yang tercatat oleh stasiun geofisika Padang Panjang, tidak terdapat gempa bumi yang dirasakan," ujar dia.

Lebih lanjut, ia menyebutkan gempa bumi tersebut dengan kekuatan magnitudo 3 < M > 5 SR sebanyak tiga kali kejadian dan magnitudo < M 3 SR sebanyak dua kejadian.

"Kemudian terdapat satu kali gempa bumi dengan kedalaman menengah dan empat lainnya merupakan gempa bumi dangkal," tambah dia.

Ia juga menyebutkan lima gempa tersebut hanya terjadi di wilayah Sumbar.

"Umumnya kekuatan gempa pada sepekan terakhir ini tidak dapat dirasakan oleh masyarakat. Karena rata-rata dibawah kekuatan 4 magnitudo," ujar dia.

Kemudian, lanjutnya gempa bumi sepekan terakhir terjadi masing-masing di Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, dan Kepulauan Mentawai.

"Gempa yang terjadi diatas kekuatan 4 magnitudo terjadi pada 4 Juni 2020 di Kepulauan Mentawai dengan kekuatan 4.5 magnitudo," katanya.

Kemudian gempa dengan kekuatan paling rendah hanya 2.2 magnitudo yaitu terjadi di Pasaman Barat pada 3 Juni 2020. (*)