Baznas Solok Selatan salurkan zakat pada 1.939 mistahik

id Baznas Solok Selatan ,pandemi covid-19

Baznas Solok Selatan salurkan zakat pada 1.939 mistahik

Pelaksana tugas Bupati Solok Selatan Abdul Rahman didampingi ketua Baznas Soewandi Syuib memberikan zakat secara simbolis kepada salah seorang penerima manfaat, Rabu. (ANTARA/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menyalurkan zakat kepada 1.939 mustahik dari berbagai unsur seperti pegawai honor, mubaligh, pedagang kecil di sekolah, tukang ojek dan tukang parkir.

Pelaksana tugas Bupati Solok Selatan Abdul Rahman, di Padang Aro, Rabu berharap bantuan yang disalurkan Baznas dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh penerima manfaat di musim sulit akibat pandemi COVID ini apalagi sebentar lagi akan Idul Fitri.

"Manfaatkan zakat ini dengan bijaksana dan sebaik-baiknya serta tentukan kebutuhan yang betul-betul harus disiapkan di rumah," katanya.

Penerima manfaat harus bijaksana dalam menggunakan zakat ini supaya bermanfaat dalam membantu memenuhi kebutuhan di rumah.

Ketua Baznas Solok Selatan Soewandi Syuib mengatakan ini merupakan bantuan terhadap masyarakat berpenghasilan rendah dan tidak tetap seperti pedagang kecil, tukang ojek hingga tukang parkir.

Dia menjelaskan setiap penerima manfaat mendapatkan berbeda-beda yaitu bagi pedagang kecil ada 400 penerima manfaat dengan nominal Rp500 ribu per orang atau sembako senilai itu.

Sumber dana bantuan bagi pedagang kecil yaitu dari Baznas Provinsi dan Kabupaten masing-masig R100 Juta dima sebagian diberikan dalam bentuk uang tunai sisanya bentuk sembako.

Sedangkan untuk pegawai dan guru honor sebesar anggarannya Rp375 juta untuk 1.500 orang dengan besaran Rp250 ribu perorang.

Selanjutnya untuk mubaligh senilai Rp39 juta dimana Rp25 juta dari provinsi dan Rp14 juta dari kabupaten dan setiap orang mendapatkan Rp1 juta.

"Hingga saat ini kami sudah menyalurkan zakat lebih dari Rp1 miliar melalui program yang digulirkan, sejak Januari," ujarnya.

Salah seorang tenaga honorer penerima manfaat Ria mengucapkan terima kasih kepada para pemberi zakat (muzakki) dan juga Baznas yang telah mengelola zakat tersebut

"Terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan sungguh sangat membantu kami semua apalagi di tengah kondisi ekonomi yang semakin sulit akibat wabah COVID-19," katanya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar