Ucapan duka mengalir dari artis atas meninggalnya Hengky Solaiman, berikut ungkapan kesedihannya

id Hengky Solaiman,RIP Hengky Solaiman,film Hengky Solaiman,sinetron Hengky Solaiman,perjalanan karir Hengky Solaiman

Ucapan duka mengalir dari artis atas meninggalnya Hengky Solaiman, berikut ungkapan kesedihannya

Unggahan Instagram Lukman Sardi

Padang (ANTARA) - Jagad perfilman di tanah air kembali dirudung duka dengan meninggalnya aktor senior Hengky Solaiman pada Jumat, 15 Mei 2020 di usia ke-78 setelah lama berjuang melawan penyakit kanker usus.

Kepergian Aktor kawakan itu tentu saja menyiratkan rasa duka mendalam seperti yang diungkapankan oleh beberapa aktor tanah air, baik yang pernah bermain dalam satu sinetron maupun yang mengenal secara pribadi.

Hengky yang mundur dari sinetron "Dunia Terbalik" pada Januari 2020, awalnya diketahui meninggal atas unggahan Sutradara Fajar Nugros, dengan latar foto hitam putih Hengky bertuliskan ucapan selamat jalan.

Ucapan duka juga disampaikan oleh komedian Soleh Solihun. Soleh bahkan menampilkan cuplikan wawancara dengan Hengky tiga tahun lalu, terkait kenapa Hengky masih berakting di usia senja.

Aktor dengan genre kocak Tora Sudiro menyampaikan "Selamat jalan om, terimakasih buat memberikan banyak sekali kenangan yang terbaik omm... omm ter very very the best", sambil menampilkan tagar #riphengkysolaiman.

Aktor Lukman Sardi mengungkapkan kesedihannya melalui ucapan "Rest in Love Om Hengky... Kita semua kehilangan dan akan selalu merindukan Senyuman Om".

Anak dari seniman biola kawakan Idris Sardi itu membubuhkan emoticon berbentuk hati serta wajah orang yang menangis sebagai ungkapan cinta dan sedihnya.

Selanjutnya Artis Faby Marcelia mengambarkan ucupan dukanya dengan mengucapkan " Selamat jalan opa Hengky.. terimakasih atas pertuah2 opa yg selalu positif .. walaupun beliau senior benar2 rendah hati".

Faby juga menampilkan foto dirinya bareng Hengky di dalam postingan instagramnya.

Komedian Arie Keriting dalam unggahannya, menyampaikan Selamat jalan om Hengky Solaiman. Semoga amal ibadah diterima di sisi Allah SWT. Terima Kasih telah baik kepada saya juga, di awal sekali bermain peran. Kebaikan hati dan ketulusan Om Henky akan menjadikenangan baik bagi banyak orang".

Sebagai aktor Hengky Solaiman sudah membintangi beberapa film, Film pertama yang diperankan Henky adalah "Wadjah Seorang Laki-Laki" (1971) besutan Teguh Karya, kemudian "Cinta Pertama" (1973).

Film lainnya yang dia pernah lakoni adalah "Ratapan Anak Tiri III" (1990), "Radit dan Jani" (2008), "Laskar Pelangi: Edensor" (2013), "Malam Minggu Miko The Movie" (2014), dan lain-lain.

Selain di film layar lebar, Henky juga populer berakting di serial televisi "Wulan" (2006-2007), "Putri" (2012), "Malu Malu Kucing" (2015), "Cinta 7 Susun" (2013), dan terakhir "Dunia Terbalik" (2017-2020).

Tidak hanya berakting, Henky Solaiman juga merupakan seorang sutradara. Ia sudah menyutradarai lebih dari lima film, di antaranya "Neraca Kasih" (1982), "Sorga Dunia di Pintu Neraka" (1983), "Titik-titik Noda" (1984), "Romantika" (1985), "Tandes" (1984), dan "Kecil-kecil Jadi Pengantin" (1987). Film terakhir besutan dia adalah "Si Kabayan dan Anak Jin" (1991).

Baca juga: Aktor senior Henky Solaiman tutup usia, sempat jalani operasi pengangkatan tumor

Baca juga: Begini perjalanan karir Henky Solaiman, dari panggung teater sampai layar kaca