Posko Penanganan COVID-19 Sumbar salurkan APD ke Rumah Sakit dan tim medis

id Pedulilindungi,Peduli lindungi,Tracetogether,Trace together,Menkominfo,Johnny g plate,Corona,Virus corona,Corona virus,p

Posko Penanganan COVID-19 Sumbar salurkan APD ke Rumah Sakit dan tim medis

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Wagub Nasrul Abit disampingi Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar, Erman Rahman memeriksa APD yang datang. (ANTARA SUMBAR/ Ist)

Padang (ANTARA) - Posko Penanganan COVID-19 Sumatera Barat akan mendistribusikan 2000 Alat Pelindung Diri (APD) untuk Rumah Sakit (RS) dan tim yang bertugas di garus depan dalam penanganan penyebaran coronavirus di daerah itu.

"APD bantuan dari pemerintah pusat sudah sampai di Padang dan segera kita bagikan pada petugas kesehatan," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar, Erman Rahman di Padang, Jumat.

Menurutnya APD merupakan salah satu kelengkapan yang relatif kurang di Sumbar. Pemprov bersama pihak terkait telah berupaya untuk mendapatkannya dan diharapkan bisa datang secara bertahap.

Kebutuhan akan APD itu semakin meningkat seiring diberlakukannya pengetatan pengawasan di perbatasan terhadap orang yang masuk Sumbar.

Perbatasan Sumbar-Riau, Sumbar-Jambi, Sumbar-Bengkulu dan Sumbar-Sumatera Utara dijaga tim yang bertugas secara bergiliran selama 24 jam.

Selain APD, Sumbar juga akan mendapatkan bantuan 200 unit thermo gun untuk membantu mengukur suhu tubuh orang yang masuk daerah itu.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan sebelumnya juga sudah datang 100 APD bantuan dari perusahaan kosmetik di Indonesia. APD itu telah dibagikan pada RS rujukan yang merawat Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Nasrul mengatakan Sumbar masih butuh banyak APD. Pemprov telah mengusulkan penambahan 50 ribu buah ke Kemenkes.

"Mudah-mudahan bisa datang secara bertahap," ujarnya.(*)