Murid SDN Solok bagikan takjil upaya tumbuhkan rasa saling peduli

id Murid SDN, Kota Solok, bagikan takjil, upaya, tumbuhkan rasa, saling peduli

Murid SDN Solok bagikan takjil upaya tumbuhkan rasa saling peduli

Sejumah murid SDN Kota Solok, Sumbar saat membagikan takjil untuk masyarakat yang ditemui untuk berbuka puasa. (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Sejumlah murid SDN 03 Kampung Jawa, Kota Solok, Sumatera Barat, membagikan takjil berupa bingkisan kue dan minuman yang didampingi guru dan orang tua mereka kepada pengendera yang melintas di jalan KS Tubun Kota Solok.

Kepala Sekolah SD Negeri 03 Kampung Jawa Aspit di Solok, Sabtu, mengatakan kegiatan pembagian takjil gratis tersebut merupakan kegiatan dari rangkaian Ramadhan 1445 Hijriah SDN 03 Kampung Jawa.

Selain itu, kegiatan berbagi takjil gratis tersebut sebagai bentuk pembelajaran ke murid-murid tentang menumbuhkan rasa saling peduli dan mau berbagi.

Anak-anak bergembira dan menuju ke jalan sambil membawa bingkisan takjil. Tangan-tangan kecilnya, dituntun para guru dan orang tua terlihat sangat antusias membagikan takjil kepada siapapun yang lewat di lokasi pembagian.

“Rangkaian kegiatan Ramadan SDN 03 Kampung Jawa yang pertama, setiap hari anak-anak mengaji, mendengarkan ceramah, dan belajar menjadi penceramah cilik,” kata Aspit.

Aspit juga menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan bagi-bagi takjil itu untuk melatih anak-anak berempati dan saling berbagi sejak dini, sehingga anak-anak itu terbiasa untuk berbagi dan peka sehingga membangkitkan rasa kepedulian antar sesama.

“Harapannya ke depan anak-anak tumbuh menjadi generasi yang peduli akan sesama yang suka berbagi kebaikan dalam hal ini, anak-anak punya rasa empati terhadap sesama,” ucap Aspit.

Wali Kelas enam Tan Suwir juga menjelaskan dalam kegiatan pembagian takjil gratis tersebut, pihak siswa kelas enam menyediakan 150 takjil yang dibagikan kepada masyarakat umum di lingkungan sekolah di Kampung Jawa.

Ia berharap semoga dengan kegiatan berbagi takjil ini bisa menambahkan kenikmatan ketika berbuka puasa dan bisa membantu bagi kaum Muslimin yang kurang mampu dalam berbuka puasa.

“Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Inilah saat yang tepat untuk terus meningkatkan amal dan perbuatan dalam hal kebaikan dengan mengharapkan pahala dan ridho-Nya," ujar dia.

Karena pada bulan Ramadhan ini setiap amal dan perbuatan yang sesuai dengan tuntunan Rasul akan dilipatgandakan nilai pahalanya.*