Lomba menulis buku di Padang Panjang, ini jadwal pengiriman naskah

id Lomba Menulis,Pariwisata Padang Panjang,Dinas Perpustakaan Padang Panjang

Lomba menulis buku di Padang Panjang, ini jadwal pengiriman naskah

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Padang Panjang Yoni Aldo. (ANTARA/ Ira Febrianti)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menggelar lomba menulis buku gaya esai untuk menumbuhkan minat membaca dan menulis serta memancing kedatangan wisatawan ke daerah berjuluk Serambi Mekah tersebut.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Padang Panjang Yoni Aldo di Padang Panjang, Senin, mengatakan lomba menulis buku gaya esai itu merupakan bagian dari rangkaian acara Festival Literasi pada Maret 2020.

"Mulai 25 Desember 2019, sudah dapat mengirimkan karya. Lomba dapat diikuti oleh masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa," katanya.

Melalui lomba itu, pemerintah berupaya menumbuhkan minat baca karena untuk menghasilkan tulisan, seseorang mesti memiliki pengetahuan atau informasi yang salah satunya bisa diperoleh dengan cara membaca.

Kemudian, untuk menghasilkan karya sesuai kriteria, peserta tidak cukup hanya membaca informasi dari berbagai sumber namun juga datang langsung menyaksikan sendiri kondisi di Padang Panjang di berbagai bidang yang akan ditulis

Peserta dapat memilih bidang agama, pariwisata, pendidikan, ekonomi, kesehatan, budaya dan literasi dalam lomba menulis buku gaya esai tersebut.

"Peserta boleh saja membuat karya setelah membaca dari berbagai sumber namun penulisan tentu akan berbeda jika penulis menyaksikan atau mencoba sendiri pengalaman di bidang yang ditulis. Hal ini akan menjadi nilai tambah dalam tulisan," katanya.

Tiga peserta dengan karya terbaik masing-masing di kategori umum dan kategori siswa atau mahasiswa akan diundang ke Padang Panjang untuk memaparkan karya mereka.

"Selain menilai hasil tulisan, kemampuan peserta dalam memaparkan karya juga menjadi penilaian karena itu perlu datang langsung ke Padang Panjang merasakan sendiri pengalaman di bidang yang ditulis. Kami harap ini juga bisa menambah kunjungan wisatawan ke daerah," katanya.

Para pemenang lomba akan mendapat hadiah yang cukup menggiurkan yaitu selain penerbitan karya, juga ada hadiah total Rp35 juta untuk tiga pemenang kategori umum dan total Rp25 juta untuk tiga pemenang kategori siswa dan mahasiswa.

"Syaratnya cukup mudah. Panjang tulisan 75 halaman untuk umum dan 50 halaman untuk siswa/mahasiswa. Karya kami tunggu di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Padang Panjang sampai 5 Maret 2020," katanya.