Belasan pohon bambu tumbang di Matur, Jalan Agam-Bukittinggi buka-tutup

id jalan agam-bukittinggi,pohon bambu tumbang,BPBD Agam

Belasan pohon bambu tumbang di Matur, Jalan Agam-Bukittinggi buka-tutup

Satgas BPBD Kabupaten Agam, membersihkan pohon bambu yang menutupi badan jalan di Kelok Matur, Nagari Matur Hilia, Kecamatan Matur, Jumat (6/12). (Dok BPBD Agam)

Lubukbasung,  (ANTARA) - Belasan batang pohon bambu tumbang dan menutupi badan jalan di Kelok Matur, Nagari Matur Hilia, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat akibat hujan deras yang melanda daerah itu, Jumat malam.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Syafrizal di Lubukbasung, mengatakan pohon bambu yang tumbang sebagian badan jalan menghubungkan Lubukbasung Kabupaten Agam menuju Kota Bukittinggi.

"Arus lalulintas terganggu dan hanya bisa dilalui kendaraan sistim buka tutup," katanya.

Ia mengatakan, BPBD Agam mengerahkan tim reaksi cepat dan Satgas untuk membuang material pohon bambu.

Pembersihan itu juga melibatkan anggota Satpol PP Damkar Agam, Polri, TNI, pemerintah kecamatan, pemerintah nagari dan masyarakat.

"Pembersihan material masih berlanjut dan diusahakan selesai secepat mungkin," katanya.

Pohon tumbang itu akibat curah hujan disertai angin kencang melanda daerah itu. Namun kejadian itu tidak menelan korban jiwa.

Dengan kejadian itu, Syafrizal mengimbau pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan saat melewati daerah banyak pepohoan dengan cara berhenti saat angin kencang.

Selain itu meningkatkan kewaspadaan tanah longsor saat melewati daerah ketinggian.

"Ini dalam rangka agar tidak menjadi korban karena curah hujan cukup tinggi melanda daerah itu," katanya. (*)