Isu ubur-ubur bluebottle bikin gamang atlet asing ikuti Pariaman Internasional Triathlon 2019

id Pariaman Internasional Triathlon 2019,Genius Umar,ubur-ubur bluebottle,pantai gandoriah

Isu ubur-ubur bluebottle bikin gamang atlet asing ikuti Pariaman Internasional Triathlon 2019

Sejumlah atlet sedang memacu sepeda pada cabang duathlon dalam Pariaman Internasional Triathlon 2019 di Pantai Kata Pariaman, Sabtu. (Antara/Aadiaat M. S)

Pariaman (ANTARA) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar mengatakan Pariaman Internasional Triathlon 2019 tidak diikuti oleh atlet asing disebabkan karena isu ubur-ubur bluebottle yang terdampar di pantai daerah itu beberapa bulan lalu.

"Event ini merupakan wisata olahraga di Kota Pariaman yang menggabungkan tiga cabang olahraga namun tahun ini tidak ada atlet asing," kata dia usai membuka event duathlon dalam Pariaman Internasional Triathlon di Pantai Kata Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan pelaksanaan event tersebut pada tahun-tahun sebelumnya banyak diikuti oleh atlet asing yang berasal dari berbagai negara di dunia namun tahun ini tidak ada kerena isu bluebottle.

Padahal, lanjutnya ubur-ubur tersebut hanya isu sehingga menurutnya aman untuk melaksanakan Pariaman Internasional Triathlon.

"Tapi tahun depan kami pastikan atlet asing akan kembali mengikuti even ini," katanya.

Meskipun tidak ada atlet asing, katanya namun even tersebut banyak diikuti oleh atlet tingkat nasional dan lokal yang jumlahnya 125 orang untuk duathlon.

Sedangkan peserta untuk triathlon hingga Sabtu pagi sudah mencapai lebih 200 atlet dan diprediksi akan bertambah seiring dengan masih dibukanya pendaftaran peserta karena pelaksanaannya Minggu pagi.

"Bahkan mantan Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno akan mengikuti triathlon untuk cabang eksekutif," katanya.

Ia mengatakan even tersebut tidak saja untuk mempromosikan pariwisata di Kota Pariaman namun juga untuk meningkatkan kemampuan atlet daerah itu agar mampu bersaing baik tingkat nasional namun juga internasional.

Sebelumnya Pemerintah Kota Pariaman menyediakan Rp390 juta untuk hadiah even wisata olahraga Pariaman Internasional Triathlon 2019 yang akan dilaksanakan 23 dan 24 November.

"Pariaman Internasional Triathlon tahun ini merupakan yang ke enam kalinya kami laksanakan semenjak 2014," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman Alfian di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan even wisata olahraga tersebut mengusung tiga cabang olahraga yaitu berenang, berlari, dan bersepeda yang pesertanya tidak saja atlet lokal, namun juga nasional dan internasional. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar