Payakumbuh alokasikan tiga persen dana APBD untuk kepemudaan

id Riza Falepi ,Anggaran Kepemudaan,APBD Payakumbuh

Payakumbuh alokasikan tiga persen dana APBD untuk kepemudaan

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh  (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh mengalokasikan 3 persen dari total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk berbagai kegiatan kepemudaan.

"Ini salah satu upaya kita untuk menjadikaan Payakumbuh sebagai Kota Layak Pemuda," ujar Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi di Payakumbuh, Selasa.

Pengalokasian tiga persen dana APBD tersebut terbukti mampu memberikan efek positif dengan menurunnya angka pengangguran di Kota Payakumbuh.

Di bawah kepemimpinan Riza Falepi, persentase pengangguran menurun dari 9,8 persen ke 3,8 persen.

"Tiga persen dari APBD Kota Payakumbuh yang kita alokasikan itu adalah untuk pembinaan, pemberdayaan, serta pengembangan potensi generasi muda Payakumbuh," terang Riza Falepi.

Untuk menekan angka pengangguran pemuda, Pemkot Payakumbuh juga memberikan pelatihan kepada generasi muda Payakumbuh sehingga mereka bisa berkreasi untuk kemudian menciptakan lapangan kerja.

"Kota Payakumbuh juga sudah mengirimkan tenaga kerja ke luar negeri," tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh Elfriza Zaharman menyebut pihaknya terus berupaya untuk menjadikan daerah tersebut sebagai Kota Layak Pemuda.

"Pemko Payakumbuh telah membuat arah kebijakan dengan Perwako dan draff untuk Kota Layak Pemuda semenjak 2018 lalu," katanya.

Elfriza menyebutkan Pemko Payakumbuh telah menyiapkan beragam kegiatan, aktivitas serta pemberdayaan untuk mewujudkan kemandirian dan kewirausahaan pemuda.

"Dari kemandirian dan kewirausahaan tersebut tungkat pengangguran Kota Payakumbuh telah turun. Ini semua tidak lepas dari tiga persen dana APBD yang dialkosikan untuk pengembangan kreativitas dan keahlian bagi pemuda," ujarnya.