Infrastruktur dasar publik meningkat signifikan di periode kedua Wako Payakumbuh Riza Falepi

id Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi,Infrastruktur dasar publik meningkat ,berita payakumbuh,berita sumbar,Payakumbuh terkini,infrastruktur Payakumbuh

Infrastruktur dasar publik meningkat signifikan di periode kedua Wako Payakumbuh Riza Falepi

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi bersama Kadis PUPR Muslim saat meninjau salah satu lokasi pembangunan di daerah tersebut. (Antara/HO-PUPR Payakumbuh)

Payakumbuh, (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mencatat infrastruktur dasar publik mengalami peningkatan yang cukup signifikan selama periode kedua Riza Falepi sebagai Wali Kota di daerah tersebut.

"Alhamdulillah dari 2017 sampai dengan 2022 di bawah arahan Wali Kota dan Wakil Wali Kota infrastruktur dasar publik kita dapat dikatakan mengalami peningkatan yang cukup tinggi," kata Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh Muslim di Payakumbuh, Senin.

Ia mengatakan sesuai dengan rencana strategis Dinas PUPR Kota Payakumbuh 2017-2022 terdapat enam indikator peningkatan infrastruktur dasar publik yang sesuai standar yang telah ditetapkan.

Keenam indikator tersebut yakni pelayanan air minum, ketersediaan fasilitas umum perkotaan, panjang jalan status kota kondisi mantap, sistem drainase skala kota, daerah irigasi berkinerja baik, dan penataan sungai.

Disebutkannya, untuk pelayanan air minum sampai dengan akhir 2021 persentase masyarakat yang terlayani sudah mencapai 99,76 persen yang pada 2016 baru mencapai 94,21 persen.

"Untuk ketersediaan fasilitas umum perkotaan sampai akhir 2021 itu persentasenya di angka 70,87 persen sementara pada 2016 baru 66,67 persen," katanya.

Sementara untuk panjang jalan status kota kondisi mantap sudah mencapai 83,12 persen meningkat hampir 20 persen dari 2016 yang baru mencapai 63,87 persen.

"Sistem drainase skala kota Alhamdulillah persentasi peningkatannya juga cukup tinggi. Pada 2016 baru 39,88 persen sementara sampai akhir 2021 sudah mencapai 61,54 persen," kata Muslim.

Selanjutnya indikator daerah irigasi berkinerja baik juga telah mencapai persentase 84,40 sementara data pada 2016 baru 73,43 persen.

Terakhir untuk penataan sungai di 2016 baru berada di angka 15,44 persen dan pada 2021 persentase penataan sungai berada di angka 24,83 persen.

"Khusus untuk penataan sungai salah satu peningkatan yang sangat besar itu dengan penataan kawasan Batang Agam dari Balai Wilayah Sungai Sumatera V. Alhamdulillah kawasan yang sebelumnya semak sekarang menjadi daya tarik baru di Kota Payakumbuh," ujarnya.

Ia mengatakan persentase peningkatan infrastruktur dasar publik ini masih akan bertambah mengingat masih banyaknya pengerjaan untuk hal tersebut pada 2022.

Menurut Muslim, keberhasilan peningkatan infrastruktur dasar publik ini tidak terlepas dari arahan yang diberikan Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz.

"Bapak Wali Kota Riza Falepi memang konsen untuk peningkatan infrastruktur dasar publik ini. Makanya dengan anggaran Kota Payakumbuh yang terbilang tidak besar peningkatan tetap tinggi karena beliau semangat untuk ini dan bahkan sering jemput bola ke pemerintah pusat," kata dia. (*)