Pemko akan berlakukan uang elektronik untuk masuk Pantai Air Manis dan Gunung Padang

id berita padang, berita sumbar,instrumen pembayaran non tunai yang berlaku di indonesia,fungsi alat pembayaran non tunai,sistem pembayaran,program gerak

Pemko akan berlakukan uang elektronik untuk masuk Pantai Air Manis dan Gunung Padang

Penandatangan perjanjian kerja sama penggunaan uang elektronik sebagai alat pembayaran pada objek wisata di Kota Padang antara  BRI dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang. (Antara/Humas)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang menggagas penggunaan uang elektronik untuk pembayaran masuk objek wisata sebagai upaya memasyarakatkan sistem pembayaran nontunai.

"Penggunaan pembayaran nontunai merupakan wujud komitmen Pemko Padang dalam menindaklanjuti program pemerintah pusat Gerakan Nasional Non Tunai," kata Asisten Administrasi Pemko Padang Didi Aryadi di Padang, Jumat.

Ia menyampaikan hal itu pada penandatangan perjanjian kerja sama penggunaan uang elektronik sebagai alat pembayaran pada objek wisata di Kota Padang antara BRI dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang.

Menurut dia sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang pendapatan asli daerah yang cukup besar. Untuk itu pihaknya ingin pengelolaan pariwisata ini bisa lebih maksimal.

"Salah satunya caranya dengan penggunaan kartu Brizzi sebagai alat pembayaran non tunai retribusi masuk objek wisata di Kota Padang," ujar Didi.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian mengatakan penggunaan Brizzi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pembayaran memasuki objek wisata sehingga PAD Kota Padang dari sektor wisata bisa meningkat.

“Secara bertahap, aturan ini akan mulai diberlakukan minggu depan untuk pembayaran masuk di objek wisata Pantai Air Manis dan Gunung Padang. Setelah penandatanganan kerjasama ini, kita akan giatkan sosialisasi di kedua objek wisata tersebut," ujarnya.

Pimpinan Wilayah BRI Padang Syamsul Arifin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemko Padang kembali menggandeng BRI dalam penggunaan uang elektronik sebagai alat pembayaran.

Ia mengatakan, penggunaan kartu Brizzi memberikan kemudahan dan kecepatan tanpa perlu bawa uang tunai dan tidak perlu repot dengan uang kembalian.

“Pembayaran nontunai efisien dan menekan kebocoran pendapatan. Kita berharap, kerjasama ini dapat mewujudkan inklusi keuangan, kata dia.

Ia menyampaikan penggunaan kartu brizzi tidak perlu membuka rekening di BRI. Cukup beli kartu dan saldo di outlet atau konter-konter yang ada. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar