Ruang radiologi di RS Tapan telah difungsikan

id RS Tapan,Hendrajoni,Berita Pesisir Selatan

Ruang radiologi di RS Tapan telah difungsikan

Direktur RS Tapan, Asrul memberikan dokumen yang ditandatangani Bupati Hendrajoni. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

​​​​​​​Painan  (ANTARA) - Manajemen RS Tapan, Kecamatan Basa Balai Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat telah memfungsikan ruang radiologi sejak sepekan terakhir sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

"Dalam sepekan terakhir kami mencatat sudah ada empat pasien yang kami layani dengan peralatan di ruang radiologi," kata Direktur RS Tapan, Asrul di Basa Balai Tapan, Kamis.

Sebelumnnya, tambahnya, pelayanan radiologi hanya bisa dilangsungkan di RSUD M Zein Painan yang berjarak sekitar 137 kilometer dari rumah sakit setempat.

"Secara bertahap sarana dan prasarana di RS Tapan terus dilengkapi sehingga berbagai pelayanan kesehatan bisa dilaksanakan secara langsung," kata dia.

Hanya saja, katanya, saat ini pintu ruang radiologi belum sesuai dengan standar, sehingga orang yang lewat di depan ruangan berpotensi terpapar oleh radiasi yang dihasilkan oleh peralatan radiologi.

"Tapi potensi terpapar itu sangat kecil karena khusus ibu hamil kami imbau untuk tidak melintas ketika ada kegiatan di ruangan tersebut," katanya.

Ia optimistis dalam waktu dekat pintu ruang radiologi yang sesuai ketentuan akan segera dibangun setelah pihaknya memberitahu hal itu ke bupati setempat.

"Kebetulan tadi Bupati Hendrajoni berkunjung ke sini dan hal tersebut telah saya sampaikan," katanya lagi.

Sementara itu, Bupati Hendrajoni memberikan apresiasi atas berbagai upaya yang dilakukan dalam melengkapi sarana dan prasarana di RS Tapan.

Dengan sarana dan prasarana yang semakin lengkap itu ia berharap masyarakat Tapan dan sekitarnya mendapat layanan kesehatan yang memadai tanpa menempuh jarak yang jauh ke ibu kota kabupaten. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar