Padang Panjang lakukan penilaian perempuan inspiratif

id Perempuan Inspiratif 2019,Padang Panjang

Padang Panjang lakukan penilaian perempuan inspiratif

Presentasi kandidat Perempuan Inspiratif Padang Panjang. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menggelar penilaian Perempuan Inspiratif 2019 yang telah berperan memberikan perubahan di lingkungan sekitarnya.

Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Padang Panjang Dian Puspita di Padang Panjang, Senin, mengatakan sosok perempuan inspiratif dibutuhkan untuk membantu menggerakkan masyarakat di lingkungannya melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Pada 2019, Padang Panjang melakukan penilaian terhadap dua perempuan yang dinilai menginspirasi yaitu Yuliza Zen sebagai pelopor Desa Wisata Kubu Gadang dan Yurnawati warga Kelurahan Ganting yang mempelopori terbentuknya bank sampah.

Dian mengatakan meski keseharian perempuan adalah menjadi seorang ibu rumah tangga atau wanita karir yang setiap hari sama-sama disibukkan dengan keluarga, bukan berarti tidak mampu memiliki peran untuk warga di lingkungannya.

Ia menerangkan tolak ukur perempuan inspiratif adalah perempuan yang menginspirasi masyarakat dan pemerintah dalam usaha menggerakkan perekonomian.

"Kegiatan yang dilakukan misalnya membentuk kelompok usaha bersama warga atau mengorganisir suatu kegiatan yang tujuannya meningkatkan ekonomi masyarakat," katanya.

Dalam penilaian tersebut kedua kandidat mempresentasikan kegiatan yang dilakukan untuk menggerakkan masyarakat memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan agar memiliki nilai tambah.

Bertanggungjawab sebagai penilai yaitu Ketua TP PKK Padang Panjang Dian Puspita dan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Padang Panjang Nova Era Yanthi.