Ini 12 program inspiratif selama Ramadhan aspirasi pegawai Kemenang Agam untuk mengerak potensi masyarakat

id berita agam,berita sumbar,kemenag

Ini 12 program inspiratif selama Ramadhan aspirasi pegawai Kemenang Agam untuk mengerak potensi masyarakat

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Agam, Edy Oktafiandi sedang bersilaturahmi dengan pengurus PWI Agam, di kantor PWI setempat, Senin (12/4). (Antarasumbar/Yusrizal)

12 program inspiratif itu merupakan aspirasi dari pegawai Kemenang Agam,
Lubukbasung (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenang) Kabupaten Agam, Sumatera Barat memiliki 12 program inspiratif selama Ramadhan 1442 Hijriyah dalam mengerak potensi masyarakat di daerah itu.

"12 program inspiratif itu merupakan aspirasi dari pegawai Kemenang Agam," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Agam, Edy Oktafiandi saat silaturahmi di PWI Agam, Senin.

Ia mengatakan, 12 program itu berupa tharah masjid, rukyatul hilal atau menentukan masuk Ramadhan dan tadarus Al quran di masjid atau mandiri secara online satu jus tuntas setiap hari.

Selain itu, pengalangan infak, sedekah setiap hari, zakat fitrah, wakaf Al Quran dalam memenuhi kebutuhan bagi umat, karena Kemenang tidak melakukan pengadaan Al Quran semenjak beberapa tahun lalu.

"Kita menargetkan sebanyak-banyaknya mengumpulkan Al Quran selama Ramadhan," katanya.

Ia menambahkan, Kemenang Agam juga mengadakan dakwah online dalam bentuk ceramah empat sampai lima menit dan membuat rekaman vidio yang disebarkan ke komunitas dan group WhatsApp.

Dakwah langsung dua kali setiap minggu, melakukan safari Ramadhan, peringatan Nuzur Quran, khatam Quran, takbiran bersama, buka bersama, Shalat Idul Fitri dan silaturahmi dengan mantan Kepala Kemenang Agam.

"Silaturahmin ke mantan Kepala Kemenang Agam itu mendapat respon positif dari Kepala Kemenang Agam," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya bakal menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan dalam mencegah penularan COVID-19.

Program itu dalam mendukung visi dan misi Kementerian Agama yang profesional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong. ***3***