Pelopor Desa Wisata Kubu Gadang masuk penilaian Perempuan Inspiratif Sumbar

id Kubu Gadang,Perempuan Inspiratif,Padang Panjang

Pelopor Desa Wisata Kubu Gadang masuk penilaian Perempuan Inspiratif Sumbar

Tim penilai perempuan inspiratif mengunjungi Desa Wisata Kubu Gadang Padang Panjang. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Perempuan Inspiratif Padang Panjang, Sumatera Barat Yuliza Zen masuk dalam penilaian ajang serupa di tingkat provinsi dan dikunjungi tim penilai untuk melakukan verifikasi lapangan, Jumat.

Yuliza merupakan perempuan inspiratif Padang Panjang yang menjadi pelopor Desa Wisata Kubu Gadang dengan atraksi unggulannya silek lanyah.

Tim penilai yang diketuai oleh Dosen FIS UNP Fatmariza bersama rombongan dari Dinas Sosial Sumbar langsung melihat dan meninjau satu persatu hal menarik serta dampak yang diberikan dengan kehadiran desa wisata tersebut bagi masyarakat.

"Cukup menakjubkan karena dengan modal keindahan alam dipadukan dengan atraksi budaya membuat lokasi ini menjadi tujuan kunjungan wisatawan," katanya.

Tim penilai dalam penilaian juga memberikan masukan agar pengelola menetapkan satu saja lokasi untuk pelaksanaan atraksi unggulan objek wisata itu dan melengkapi dengan hiasan menarik.

Dalam verifikasi lapangaan tersebut, Yuliza memaparkan upaya yang dilakukan untuk mengajak masyarakat memanfaatkan potensi yang dimiliki mengubah desa itu menjadi tujuan wisata.

Ia mengaku mengikuti banyak pelatihan untuk mengetahui seperti apa upaya memulai mengelola objek wisata hingga langkah mengenalkannya pada masyarakat. Usaha itu juga didampingi oleh Dinas Pariwisata setempat.

Beberapa yang disuguhkan bagi wisatawan yaitu keindahan alam, penginapan nyaman, atraksi silek lanyah, makan bajamba, makan baradaik, nasi kabaka, permainan tradisional, hingga pengalaman bertanam dan memanen pagi.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar