Pemkab Agam Sosialisasikan Gemarikan pada Pelajar

id Pemkab Agam Sosialisasikan Gemarikan pada Pelajar

Lubukbasung, Sumbar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat melakukan sosialisasi gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan) kepada pelajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 23 Parit Rantang Kecamatan Lubukbasung, Jumat (22/3).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam Ermanto mengatakan, sosialisasi terhadap 150 siswa SDN 23 Parit Rantang ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan anak, karena ikan mengandung omega tiga yang berfungsi untuk perkembangan otak manusia.

Lalu, untuk meningkatkan produksi ikan di Kabupaten Agam dan menepis isu bahwa makan ikan akan mengakibatkan cacingan.

"Isu cacingan akibat makan ikan ini tidak benar dan kami menargetkan pada tahun 2013 konsumsi ikan sebanyak 34 kilo gran per tahun untuk satu orang," kata Ermanto.

Ketua Forum Peningkatan Kosumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Agam Ny Vita Indra Catri menambahkan, sosialisasi ini yang pertama sejak terbentuknya Forikan di Kabupaten Agam pada tahun 2012.

Ny Vita Indra Catri menambahkan, sosialisasi juga akan dilakukan kepada pedagang di setiap sekolah. Sosialisasi ini akan dilakukan dalam waktu dekat dan pedagang diminta agar berjualan makanan yang terbuat dari ikan.

"Kita menginginkan setiap satu bulan, pedagang menjual dagangan sosis dan nuget yang bahan bakunya dari ikan," tambahnya.

Dengan diadakan sosialisasi ini, dia berharap pada 20 tahun akan datang, generasi Kabupaten Agam berkualitas dan memiliki gizi yang baik.

Narasumber pada sosialisasi tersebut, Ketua Forikan Kabupaten Agam Ny Vita Indra Catri, DKP dan Dinas Kesehatan Kabupaten Agam. (**/ari/wij)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar