Bank Nagari Batusangkar targetkan salurkan KUR Rp40 miliar

id Bank Nagari,KUR,Tanah Datar

Bank Nagari Batusangkar targetkan salurkan KUR Rp40 miliar

Bank Nagari. (ANTARA SUMBAR/Etri Saputra)

​​​​​​​Batusangkar (ANTARA) - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Suamatera Barat atau Bank Nagari cabang Batusangkar menargetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp40 miliar pada 2019 untuk meningkatkan perokonomian masyarakat di daearah itu.

"Dana KUR sebesar Rp40 miliar itu menyebar keseluruh sektor ekonomi masyarakat, yakni peternakan, pertanian, perdagangan, dan tidak terkecuali UMKM," kata Kepala Cabang Bank Nagari Batusangkar, Oktra Firdaus melalui Bagian Kredit Komersil Rimi di Batusangkar, Senin.

Ia menjelasakan, Bank Nagari Cabang Batusangkar pada semester pertama 2019 menargetkan penyaluran KUR Rp28 miliar, sementara realisasinya sudah tercapai sekitar Rp28,422 miliar, atau sekitar 101,51 persen.

Penyaluran tersebut didomnasi oleh sektor pedagang eceran sekitar 52,21 persen, hasil pertanian dan perkebunan sekitar 14,3 persen, industri pengolahan dan UMKM sekitar 11,35 persen dan selebihnya menyebar kesektor peternakan, pertambangan serta pertanian.

"Harapan kita dengan adanya modal melalui KUR yang diberikan kepada masyarakat maka pergerakan ekonomi masyarakat akan terus berkembang," katanya.

Untuk memaksimalkan penyaluran KUR tersebut pihaknya telah melakukan strategi seperti turun ke lapangan dan ke masyarakat untuk menjelaskan terkait kredit penyaluran KUR.

Ia mengatakan untuk modal usaha masyarakat bisa mengajukan pinjaman KUR dengan batas maksimal pinjaman Rp500 juta dan minimal pinjaman Rp5 juta. Masyarakat yang mengajukan pinjaman akan disurvei untuk meninjau usaha yang mereka geluti.

Pada waktu survei itu, petugas akan menentukan berapa besar calon penerima akan mendapatkan dana KUR tersebut, hal itu juga disuaikan dengan kebutuhan dan kesanggupannya membayar.

Selain itu, pihaknya juga sangat selektif dan teliti dalam menyalurkan kredit KUR untuk meminimalisir bahkan menekan terjadinya kredit macet.

Ia mengatakan sejak 2016 hingga semester satu 2019 Bank Nagari cabang Batusangkar telah menyalurkan sebanyak Rp72,8 miliar KUR.