Payakumbuh tambah tiga megaproyek: stadion, GOR dan masjid raya

id Riza Falepi,Megaproyek Payakumbuh

Payakumbuh tambah tiga megaproyek: stadion, GOR dan masjid raya

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Payakumbuh  (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh akan menambah tiga lagi megaproyek yang siap dibangun mulai tahun ini, yakni masjid raya, stadion dan gelanggang olah raga.

"Kita akan bangun Masjid Raya Payakumbuh, stadion dan GOR. GOR dibangun di setiap kecamatan," kata Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi di Payakumbuh, Selasa.

Ia menjelaskan untuk pembangunan masjid raya akan menjadi wisata religinya Payakumbuh selain tempat pusat dakwah kota itu.

"Jadi konsepnya masjid adalah fungsional bisa dipakai untuk berbagai acara misalnya untuk jemaah wirid Sumbar, tablig akbar," ujarnya.

Masjid yang akan di bangun di Kelurahan Pakan Sinayan tersebut akan dibangun dengan kanopi yang luas untuk berbagai kegiatan.

"Bisa memuat orang lebih besar dari Masjid Raya Sumbar di Padang dengan membangun kanopi di belakang masjid kira-kira empat kali lebih besar dari kanopi Pasar Payakumbuh," ujarnya.

Saat ini prosesnya masih dalam tahap pembebasan lahan. "Ada tanah ada masjid gak ada tanah gak ada masjid," katanya.

Sementara itu stadion di Kelurahan Tanjung Pauh akan mulai dikerjakan tahun ini dengan dana bersumber dari APBN sekitar Rp14,9 miliar

"Sekarang lagi tender mudah-mudahan dalam waktu dekat ada pemenangnya," ungkapnya.

Sedangkan untuk GOR Pemko Payakumbuh akan membangun satu GOR untuk setiap kecamatan di Payakumbuh dengan dana bersumber dari APBD sekitar Rp3 miliar hingga Rp4 miliar.

"Sekarang prosesnya dalam tahap pemebebasan lahan," ujarnya.

GOR di setiap kecamatan itu diproyeksikan sebagai tempat pertemuan dan olahraga seperti menikah dan acara lainnnya.

"Jadi bisa lebih murah dengan sewa yang murah supaya semua masyarakat bisa menikmati," katanya.