Basarnas Pasaman Siagakan personil selama Lebaran 2019

id basarnas pasaman

Jajaran personel Basarnas Pasaman melakukan kunjungan dan patroli ke posko PMI dalam rangka koordinasi pengamanan dan pelayanan selama lebaran 2019, Minggu (2/6). (Antara Sumbar/Altas Maulana)

Simpang Ampek, (ANTARA) - Badan Nasional Pencariandan Pertolongan atau BasarnasPasaman yang bertempat di Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menyiagakan personel mengantisipasi bencana selama libur lebaran 2019.

"Kami membuat dua regu tim dengan jumlah 14 orang personel. Tim ini akan selalu siaga selama libur lebaran," kata Koordinator Basarnas Pasaman, Zulfahmi di Simpang Empat, Minggu .

Ia mengatakan pihaknya melakukan patroli berpindah-pindah di dalam wilayah kerja Basarnas untuk meninjau dan memantau situasi.

"Kami tidak mendirikan posko tetapi melakukan patroli atau mobile. Patroli sejak H-8 sampai H+8 di sejumlah titik termasuk di objek wisata yang ada," katanya.

Ia menyebutkan untuk wilayah objek wisata Pantai Sasak, pihaknya mulai dari H-1 sampai H+3 akan siaga sebanyaksatu tim karena daerah itu setiap tahunnya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

"Tujuannya tentu untuk memberikan pertolongan jika ada warga yang dapat musibah. Kita siap memberikan pertolongan dengan personel dan peralatan yang disediakan," tegasnya.

Ia juga meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait dalam pengamanan dan pemantauan lebaran.

"Di posko pengamanan dan posko pelayanan kita juga datang dan berbaur dalam rangka menciptakan situasi aman selama lebaran," ujarnya.

Ia mengajak masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan sebab saat ini cuaca ekstrem. Hujan lebat disertai angin terus terjadi.

"Bagi masyarakat yang hendak berlibur ke tepi pantai dan sungai diharapkan tetap hati-hati. Saat ini cuaca musim hujan," katanya.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar