Pasaman Barat raih opini WTP tiga kali berturut-turut, Syahiran: ini bukti kerja sama yang baik

id Opini WTP

Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Pemut Aryo Wibowo (tengah) saat penyerahan laporan keuangan Kabupaten Pasaman Barat tahun 2018 kepada Bupati Pasaman Barat, Syahiran (kiri) dan Ketua DPRD Daliyus K (kanan) dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di Kantor BPK RI di Padang, Kamis (23/5). (Antara Sumbar/Altas Maulana)

Simpang Empat, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat untuk ketiga kalinya berturut-turut memperoleh penghargaan pengelolaan keuangan dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2018.

Penghargaan itu langsung diserahkan oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumbar, Pemut Aryo Wibowo kepada Bupati Pasaman Barat, Syahiran didampingi Ketua DPRDDaliyus K di kantor BPK Padang, Kamis.

"Kita memberikan apresiasi kepada Pemkab Pasaman Barat dengan meraih opini WTP tiga kali berturut-turut," kata Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Pemut Aryo Wibowo.

Menurutnya hal itu merupakan bentuk kerja sama yang baik antara Pemkab Pasaman Barat dan DPRD dalam berkomitmen mendukung secara penuh pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel.

"Penghagaan ini merupakan bentuk kerja keras Pemkab dan DPRD dalam mewujudkan sistem pengelolaan keuangan yang baik," katanya.

Opini WTP atas LKPD TA 2018 yang diperoleh Pemkab Pasaman Barat merupakan opini tertinggi dari BPK sebagai pernyataan profesional BPK RI kepada Pemkab Pasaman Barat.

Hal itu berdasarkan indikator kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Sementara Bupati Pasaman Barat, Syahiran mengucapkan terima kasih kepada seluruh perangkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan DPRD yang telah bekerja keras mempertahankan Opini WTP dari BPK.

"Terima kasih kepada semua OPD dan semoga tambah semangat bekerja dan tetap komit terhadap pekerjaan untuk mempertahan WTP tahun depan," harapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Pasaman Barat atas dukungannya sehingga Pemkab Pasaman Barat dapat menjalankan sistem pengelolaan keuangan daerah sesuai peraturan perundang-undangan.

"Terima kasih kepada seluruh OPD dan jajaran atas kinerjanya. Terima kasih juga kepada masyarakat Pasaman Barat atas dukungannya sehingga penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan baik," sebutnya.

Pihaknya bersama semua OPD akan berusaha mempertahankan capaian ini pada tahun-tahun mendatang.

"Esensi dari penghargaan ini adalah bagaimana Pemkab dapat mengelola aset dan keuangan dengan baik dan benar. Tentu petunjuk dan bimbingan dari BPK sangat diharapkan," katanya.

Ketua DPRD Pasaman Barat, Daliyus K mengatakan pencapaian WTP ini merupakan berkat kerja sama dan kerja keras antara Pemkab dendan DPRD dalam pengelolaan keuangan.

"Terima kasih untuk semuanya dan mudah-mudahan Pasaman Barat lebih baik kedepannya," harapnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar