Baznas pamerkan keindahan kain tradisional karya penerima zakat

id Baznas,Baznas fashion show,Rumah Batik

Baznas pamerkan keindahan kain tradisional karya penerima zakat

Pameran kain batik Tuban dan tenun Ende karya para penerima zakat (mustahik) yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Kamis (2/5/2019). (Baznas)

Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memamerkan keindahan kain batik dari Tuban (Jawa Timur) dan tenun Ende (Nusa Tenggara Timur) karya para penerima zakat (mustahik) di Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Kamis.

"Baznas memberdayakan ibu-ibu mustahik di Tuban Jawa Timur dan NTT melalui program Rumah Batik dan Tenun Indonesia," kata Ketua Baznas Bambang Sudibyo di acara Fashion Show on Train.

Dia mengatakan para perajin kain itu awalnya buruh dan ibu rumah tangga yang belum bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari karena kurangnya pengetahuan dan modal.

Kemudian kain karya para mustahik itu dipamerkan di Kereta Api Bandara. Sedangkan kain yang dikenakan para model adalah mahakarya para mustahik binaan Rumah Batik dan Tenun Indonesia.

Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerja sama antara Baznas dengan PT Railink. Rangkaian acara fashion show dimulai dari Stasiun BNI City (Jakarta) hingga Stasiun Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang).

Bambang mengatakan kegiatan tersebut bertujuan menggugah semangat masyarakat memulai ibadah di bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah/ 2019 Masehi menggunakan hasil program pemberdayaan zakat.

Menurut dia, kain-kain itu menerapkan konsep ramah lingkungan berprinsip eco-fashion dengan memanfaatkan bahan-bahan dari alam.

"Acara 'fashion show' untuk menampilkan karya mustahik ini sebagai cara meningkatkan produksi kain dan mengenalkan kepada masyarakat lebih luas. Baznas berharap para mustahik pengrajin kain itu dapat meningkatkan kemandirian, perekonomian dan kesejahteraan tercapai," kata dia.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar