Perencanaan Pembangunan Daerah Payakumbuh masuk 10 besar nasional

id ppd,payakumbuh,bappenas,nominasi 10 nasional

Perencanaan Pembangunan Daerah Payakumbuh masuk 10 besar nasional

Bappeda Kota Payakumbuh. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh (ANTARA) - Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Kota Payakumbuh masuk ke dalam nominasi 10 besar secara nasional dan satu-satunya kotamadya dari Sumatera Barat.

"Masuknya Kota Payakumbuh menjadi nominasi 10 besar kotamadya terbaik dalam PPD ini setelah melewati berbagai tes, wawancara, presentasi dan penilaian dari Bappenas RI," kata Kepala Bappeda Kota Payakumbuh, Ifon Satria di Payakumbuh, Senin.

Penilaian PPD kategori Kotamadya oleh Bappenas ini sebelumnya Payakumbuh masuk 16 besar dan sekarang masuk 10 besar.

Sedangkan untuk kategori kabupaten dari Sumbar diraih oleh Kabupaten Tanah Datar.

Ia mengatakan dengan masuknya kota Payakumbuh dalam nominasi 10 besar, Bappenas akan mengecek langsung ke Payakumbuh untuk mengetahui kebenarannya di lapangan.

"Jadi nanti akan ada tim penilai utama dan independen yang diutus oleh pemerintah pusat untuk mengkroscek ulang tentang apa yang telah dipresentasikan kemarin," ujarnya.

Dalam presentasi, wawancara dan test kemarin, Pemko Payakumbuh menonjolkan Gardu Emas Mak Randang.

Geliat ekonomi masyarakat melalui program Pemko Payakumbuh untuk menjadi Payakumbuh City Of Randang juga masuk dalam presentasi tersebut.

"Jadi sinkronisasi antara program pemko dengan penguatan ekonomi masyarakat, tak hanya pembangunan secara fisik, tapi secara ekonomi kemasyarakatan jadi pertimbangan bagi tim penilai Bappenas RI," jelasnya.

Disamping itu, penilaian soal capaian pembangunan, kualitas dokumen perencanaan hingga inovasi pemerintah bersama masyarakat juga menjadi poin penting Nominasi PPD.

Ifon mengatakan dalam PPD ini Pemko Payakumbuh berharap menjadi yang terbaik setelah inovasi, perjuangan dan pekerjaan yang telah dilakukan selama ini.(*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar