Wali Kota resmikan Masjid Al Hikmah senilai Rp 2,03 miliar

id peresmian masjid

Wali Kota resmikan Masjid Al Hikmah senilai  Rp 2,03 miliar

Wali Kota Solok, Zul Elfian meresmikan masjid Al Hikmah, Sabtu. (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Solok (ANTARA) - Wali Kota Solok, Sumatera Barat Zul Elfian meresmikan pemakaian Masjid Al Hikmah, Kelurahan Aro IV Korong yang baru selesai dibangun kembali dengan dana APBD sebesar Rp2,03 miliar, pada Sabtu.

"Mesjid Al Hikmah yang dibangun kembali dengan dana APBD Solok 2018 sebesar Rp2,03 miliar yang dianggarkan melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim)," kata Wali Kota Solok, Zul Elfian di Solok.

Masjid Al Hikmah menjadi salah satu masjid di Kota Solok yang dibangun melalui APBD.

"Hal ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mewujudkan Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah kota yang diberkahi Allah SWT," ujarnya.

Ia menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan DPRD sehingga sudah enam mesjid dan satu mushala di Kota Solok yang dibangun kembali melalui dana APBD.

"Kalau dana hibah untuk rehab sudah semua rumah ibadah mendapatkan. Namun yang dibangun kembali melalui APBD dalam tiga tahun terakhir, Mesjid Al Hikmah merupakan mesjid ke enam," sebutnya.

Ia berpesan kepada jamaah agar dengan megahnya masjid semakin termotivasi untuk meramaikan dalam melaksanakan shalat berjamaah dan ibadah lainnya.

"Jadikan masjid sebagai pusat kegiatan. Jika banyak kegiatan yang dilakukan di masjid tentu menambah cinta masyarakat untuk datang ke masjid," ujarnya.

Selain itu Ia juga mengimbau pengurus masjid dapat mengaktifkan program baitul maal watamwil (BMT) atau peminjaman islami sebagai upaya pengentasan kemiskinan berbasis masjid.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok yang diwakili Ramadhani Kirana juga mengimbau agar Mesjid Al Hikmah ikut mengambil peran dalam perbaikan ekonomi jamaah sehingga tidak terjerat dengan rentenir.

Ketua Pengurus Masjid Yanuardi mengucapkan terima kasih dengan dibangunnya Mesjid Al Hikmah yang megah,dan diharapkan jamaah untuk memakmurkan masjid.

Ia menyampaikan satu harapan jamaah melalui pengurus yakni pembangunan jembatan gantung yang menghubungkan Sinapa Piliang dengan Aro.

Peresmian masjid ditutup dengan penandatangan prasasti oleh Wali Kota dan tablik Akbar bersama Ustad Buchori Ismirat.

Acara peresmian juga dihadiri Ketua DPRD Kota Solok yang diwakili Ramadhani Kirana Putra, Ketua Komisi I DPRD Yoserizal dan Anggota DPRD Amrinof Diaz, Unsur Forkopimda, OPD terkait serta tokoh masyarakat.