SMKN siapkan lulusan bekerja di luar negeri

id Lulusan SMKN siap kerja,TKI

Penandatangan kerjasama antara SMKN 1 Painan dengan East West International College. (Antara Sumbar/ istimewa)

Painan (ANTARA) - SMKN 1 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat berupaya agar lulusan sekolah tersebut bekerja dan melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan menjalin kerjasama dengan sebuah perguruan tinggi asal Malaysia.

"Kami menjalin kerja sama dengan East West International College yang merupakan sebuah perguruan tinggi asal Malaysia, kerja sama ini akan menjembatani lulusan untuk bekerja dan melanjutkan pendidikan di sana," kata Kepala SMKN 1 Painan, Syamsul Mardan di Painan, Jumat.

Ia menambahkan, untuk bisa ikut serta pelajar yang dinyatakan lulus mesti mengikuti pelatihan khusus selama enam bulan sebagai persiapan sebelum diberangkatkan.

Mereka dilatih oleh guru-guru khusus yang sebelumnya telah mendapat pelatihan di perguruan tinggi asal Negeri Jiran itu.

Jika tidak ada aral melintang, guru-guru tersebut akan dikirim pada April tahun ini untuk mendapat pelatihan.

Setelah lulusan menuntaskan pelatihan melalui guru-guru yang dimaksud, barulah mereka di kirim ke Malaysia, untuk bekerja sembari menuntut ilmu.

Usai dinyatakan berhak menyandang gelar di D1 sederajat, lulusan bisa mengambil beberapa pilihan mulai dari pulang ke tanah air, bekerja atau melanjutkan pendidikannya.

Ia mengungkapkan kerja sama SMKN 1 Painan dengan East West International College dilaksanakan pada 29 Januari 2019.

Dari pihak SMKN 1 Painan, ia sendiri yang mewakili sementara di pihak East West International College di wakili langsung oleh direktur utamanya.

"Kami berharap kegiatan ini berjalan sukses dan berlanjut hingga seterusnya, sehingga SMKN 1 Painan menjadi salah satu sekolah yang akan diperhitungkan melalui program-programnya," ujarnya.

SMKN 1 Painan merupakan salah satu sekolah favorit di Pesisir Selatan, saat ini terdapat tujuh jurusan d sekolah itu sementara pelajarnya berjumlah sebanyak 1.046 orang. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar